Yayasan
1. Pesan Nama
a. Pesan Nama Oleh Umum
Untuk melakukan Pesan Nama oleh Publik, klik tombol
1). Pemesanan Nomor Voucher
Klik
pada
form Pesan Nama Yayasan diatas untuk membeli Kode
Voucher. Kemudian muncul halaman Pemesanan Nomor
Voucher seperti berikut.
2). Pembayaran Nomor Voucher
a. Login
Masukkan email dan kata sandi yang telah terdaftar pada Aplikasi YAP! Klik tombol Masuk
untuk masuk ke dalam Beranda YAP!
b. Notifikasi
Klik icon
untuk melihat notifikasi pemesanan nomor voucher. klik nomor voucher yang akan dibayar. Maka akan menampilkan halaman Tinjau Pembayaran
c. Tinjau Pembayaran
Pada halaman tinjau pembayaran, klik tombol
untuk melakukan pembayaran pemesanan voucher
d. Pilih Sumber Dana
Ceklis Sumber Dana, lalu klik
maka akan menampilkan Halaman Input PIN Debit
e. Masukan Pin Debit
Masukan pin debit, lalu klik tombol
maka akan tampil halaman berikut yang menyatakan bahwa pembayaran telah berhasil.
Klik tombol
. Kemudian akan tampil
form Pengisian Data Pemohon seperti berikut.
Klik tombol
akan tampil ke halaman awal pesan nama.
Klik tombol
akan tampil halaman persetujuan menteri seperti berikut.
Klik tombol
. Lampiran Bukti pesan nama diberikan kepada notaris untuk melanjutkan pada saat proses pendirian.
Klik tombol
. Masukkan Kode Voucher pesan nama, lalu klik tombol
.
Kemudian akan tampil data Perseroan yang dicari, lalu klik
Maka akan muncul halaman Login untuk masuk sebagai Notaris. Kemudian masukkan User ID dan Password, lalu Klik tombol
.
b. Pesan Nama Oleh Notaris
Klik tombol
Klik tombol
untuk mendownload Bukti Pemesanan Nomor Voucher
Klik menu
, maka akan menampilkan Halaman Daftar Voucher yang telah dipesan
Jika Pembayaran telah berhasil pada halaman Daftar Voucher status pemesanan nomor voucher telah berubah menjadi
.
Kemudian klik
, maka tampil halaman Pesan Nama Yayasan.
Klik tombol
, maka akan tampil Data Diri Notaris
Pada tampilan persetujuan pesan nama yayasan, terdapat bebarapa kolom isian data diri notaris yang terdiri dari :
Nama pemohon otomatis terisi
Telepon pemohon otomatis terisi
Email pemohon otomatis terisi
Klik tombol
maka akan keluar
allert Pratinjau Pesan Nama yang meyakinkan bahwa nama yang dipesan sudah sesuai.
Klik tombol
akan tampil ke halaman awal pesan nama.
Klik tombol
akan tampil halaman persetujuan menteri seperti berikut.
Klik tombol
. sebagai lampiran bukti pesan nama untuk melanjutkan ke proses pendirian.
Klik tombol
. Maka tampil Tabel Daftar Pesan Nama Yayasan
Klik
untuk melanjutkan ke proses pendirian Yayasan
2. Pendirian
Pendirian Yayasan dilakukan oleh Notaris. Login terlebih dahulu sebagai notaris.
Jika sebelumnya telah melakukan Pesan Nama Yayasan, maka pilih menu Yayasan → Pendirian
Pada halaman Pemesanan Nomor Voucher terdapat pilihan alasan untuk Pendirian Yayasan, yaitu :
Selanjutnya lakukan pengisian form Pemesanan Nomor Voucher dengan cara :
Pilih alasan Pendirian Yayasan
Ceklis syarat dan ketentuan
Klik tombol
Kemudian tampil halaman Bukti Pemesanan Nomor Voucher Pengesahan Akta Pendirian Yayasan
Klik tombol
untuk menampilkan halaman
Daftar Voucher dan mengetahui status pembayaran voucher
Jika sudah melakukan pembayaran tagihan pemesanan nomor voucher, maka status pembayaran berubah menjadi
Klik
, lalu muncul halaman
Pengisian Data Yayasan dengan
Nomor Voucher Pengesahan Akta Pendirian Yayasan yang sudah terisi
Masukkan Nomor Pemesanan Nama
Masukkan Nomor Kode Pembayaran Pesan Nama
Klik tombol
Setelah itu tampil halaman Format Isian Pendirian Yayasan
a. Data Yayasan
Pada form Data Yayasan terdapat beberapa field, yaitu :
Nama Yayasan : otomatis muncul
Nama Singkatan : otomatis muncul
NPWP Yayasan : Masukkan NPWP Yayasan
b. Akta Notaris
Pada form Akta Notaris terdapat beberapa field, yaitu :
Nomor Akta Yayasan : Masukkan Nomor Akta Yayasan
Tanggal Yayasan : Otomatis muncul
Nama Notaris : Otomatis muncul
Penginputan Akta Notaris dapat dipilih lebih dari satu, Pengguna bisa menambahkan Akta Notaris dengan cara Klik tombol
c. Kedudukan Yayasan
Pada form Kedudukan Yayasan terdapat field sebagai berikut :
Provinsi : Pilih Provinsi
Kabupaten : Pilih Kabupaten
d. Domisili Yayasan
Pada form Domisili Yayasan terdapat beberapa field, yaitu :
Alamat : Masukkan alamat Yayasan
RT : Masukkan RT
RW : Masukkan RW
Kelurahan/Desa : Masukkan Kelurahan/Desa
Kecamatan : Masukkan Kecamatan
Kode Pos : Masukkan Kode Pos
Nomor Telepon : Masukkan Nomor Telepon
e. Pendirian Yayasan
1. Jika Pendiri Yayasan terdapat orang Asing
2. Jika Pendiri Yayasan hanya WNI
f. Data Wasiat
g. Pendiri Yayasan
Untuk mengisi data Pendiri Yayasan, klik tombol
1. WNI
2. WNA
h. Pengurus Yayasan
Untuk mengisi data Pengurus Yayasan, klik tombol
1. WNI
Pada Organ Yayasan terdapat pilihan yaitu :
2. WNA
i. Maksud dan Tujuan
1. Sosial
2. Kemanusiaan
3. Keagamaan
J. Pemilik Manfaat
Untuk memilih Pemilik Manfaat, pengguna dapat Klik tombol
. Maka akan muncul Form Tambah Pemilik Manfaat seperti berikut.
Pengguna dapat memilih beberapa manfaat untuk Pemilik Saham. Kemudian klik tombol
dan tampil form pengisian data Pemilik Manfaat.
Setelah itu isikan data pemilik manfaat. Setelah semua field terisi, ceklis disclaimer dan klik tombol
.
k. Notaris Pengganti
Jika pengguna merupakan Notaris Pengganti, ceklis "Notaris Pengganti"
Kemudian tampil data Notaris Pengganti
l. Persyaratan Dokumen Yang Harus Dimiliki
Ketika klik persyaratan sebanyak 3 kali maka akan tampil allert seperti :
Klik tombol
m. Pendirian Terlambat Penyesuaian
Jika Pendirian terlambat penyesuaian, ceklis "Ya". Lalu muncul Persyaratan Pendirian
Ceklis Persyaratan Pendirian, kemudian klik tombol
Setelah mengisi data Pendirian Yayasan, muncul popup seperti dibawah ini
Ceklis semua pernyataan dan klik tombol
. Kemudian tampil halaman
Pratinjau Pengisian Data Yayasan
Jika data Pendirian Yayasan sudah benar dan sesuai, klik tombol
. Kemudian muncul popup notifikasi berikut
Klik tombol
. Lalu tampil halaman
Daftar Transaksi yayasan
Pada halaman Daftar Transaksi Yayasan, terdapat beberapa fungsi diantaranya :
1. Tombol untuk melihat data pendirian. PRATINJAU AKAN BERLAKU SELAMA 7 HARI
2. Tombol untuk mengunduh bukti pembayaran. * Bukti Tagihan PNRI ini sebagai bukti pembayaran BNRI langsung ke pada pihak BNI, cukup hanya dengan menunjukkan bukti tagihan PNRI.
n. Upload Akta
Untuk mengakses form Pratinjau, klik , maka akan tampil halaman pratinjau data Yayasan.
Jika sudah tidak ada perubahan data/Edit Klik tombol
maka akan masuk ke halaman upload akta.
Ceklis semua persyaratan diatas.
Klik tombol
lalu cari file akta yang akan di upload.
Klik tombol
, maka akan tampil pop up preview seperti gambar dibawah ini.
Klik tombol
setelah itu akan tampil halaman dibawah ini:
Tombol
untuk memperbaharui transaksi.
Tombol
untuk mengakhiri transaksi.
Tombol
untuk mengulangi proses upload akta jika terjadi kesalahan upload file.
Tombol
untuk menampilkan file akta yang telah di upload.
Tombol
untuk menghapus transaksi.
Setelah klik tombol
, maka akan muncul popup seperti berikut.
Klik tombol
, lalu tampil halaman
Daftar Transaksi Yayasan.
o. Download SK Pengesahan Pendirian
Klik
untuk mendownload SK Pengesahan Pendirian.
3. Perubahan
1. Tampilan Awal
2. Login
Masukkan User dan Password masing-masing notaris.
Ketika klik tombol “Kembali” maka akan kembali ke halaman depan Ditjen AHU Online.
Ketika klik pada tombol “Lupa Password” maka akan masuk ke halaman Forgot Password, masukan email dan masukkan kode captcha, kemudian klik “Submit” untuk mengetahui password yang baru.
Ketika klik tombol “Masuk” maka akan masuk ke halaman berikut:
3. Pengisian Data Perubahan Yayasan
Ketika sudah berhasil login, maka akan tampil halaman Permohonan Perubahan Yayasan yang terdiri dari:
Pilih menu Yayasan yang terdapat pada sisi sebelah kiri website, lalu klik submenu perubahan.
Masukan Nomor Voucher:
Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Yayasan. Ketika belum mempunyai nomor voucher Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Yayasan bisa klik “disini” untuk pembelian voucher.
Pemberitahuan Anggaran Dasar. Ketika belum mempunyai nomor voucher Pemberitahuan Anggaran Dasar Yayasan bisa klik “disini” untuk pembelian voucher.
Masukan Nama Yayasan yang ingin dilakukan perubahan.
Masukan Nomor SK Terakhir.
Ketika semua data telah terisi, klik “Cari” untuk melanjutkan ke proses berikutnya.
4. Persyaratan utama
Ketika klik “Cari pada halaman Permohonan Perubahan Yayasan, maka akan masuk ke halaman Persyaratan Utama yang berisi:
Kolom Nomor SK Terakhir.
Tabel Susunan Pembina, Pengurus dan Pengawas Yayasan.
List Persyaratan Utama. Ketika persyaratan tidak lengkap maka user tidak bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.
Checklist Pernyataan. Ketika checklist pernyataan tidak dipilih maka user tidak dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.
Ketika tombol “Lanjutkan” di klik maka akan masuk ke tahap selanjutnya.
5. Jenis Perubahan
Ketika klik tombol “Lanjutkan” pada halaman Persyaratan Utama, maka akan tampil halaman Jenis Perubahan yang terdiri dari:
Checklist Jenis Perubahan. Pada bagian Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar dan Pemberitahuan Anggaran Dasar akan otomatis terchecklist karena jika pada awal pengisian data, User menginput dua nomor voucher (voucher Persetujuan dan voucher Pemberitahuan).
Masukan Nomor Akta dan Tanggal Akta. Ketika tombol Tambah di klik, maka field Nomor Akta dan Tanggal Akta akan bertambah.
Masukkan Tanggal Data Rapat Pembina/Keputusan Pembina.
Pada kolom Kuorum Kehadiran Rapat Pembina, ketika klik tombol “Tambah”, isi field Nama dan Organ Yayasan. Ketika klik tombol Keterangan maka akan muncul pop-up Surat Keterangan.
Ketika Daftar Hadir Rapat Pembina ditambahkan, secara otomatis pada Daftar Persetujuan Rapat Pembina akan muncul checklist daftar nama yang ada pada Daftar Hadir Rapat Pembina.
Berikan checklist pada kolom persetujuan, jika tidak diberikan checklist, maka user tidak dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.
Ketika klik tombol “Kembali”, maka akan kembali ke halaman Persyaratan Utama”. Ketika klik tombol “Lanjutkan” maka akan masuk ke proses selanjutnya.
6. Jenis Perubahan yang Diinginkan
Ketika klik tombol “Lanjutkan” pada halaman Jenis Perubahan, maka akan tampil halaman Jenis Perubahan yang Diinginkan yang terdiri dari:
Perubahan Anggaran Dasar dengan Persetujuan Menteri. Ketika Nama Yayasan diberi tanda checklist, maka akan tampil checklist Persyaratan Perubahan Nama yang terdiri dari:
Bukti Persetujuan Pemakaian Nama
1. Saya telah mengingatkan kepada pemesan nama bahwa nama yang dipesan telah sesuai dengan ketentuan peraturan.
2. Tidak sedang bersengketa
Pemberitahuan Perubahan Anggaran Dasar
Ketikan Pasal yang berubah pada field Pasal lain yang berubah
Ketika Kedudukan diberikan checklist, maka akan tampil Persyaratan Perubahan Kedudukan, yang berisi:
Checklist Surat pernyataan dari pengurus Yayasan yang diketahui kepala desa atau lurah.
Pemberitahuan Perubahan Data Yayasan.
Ketika Perubahan Organ diberikan checklist, maka akan muncul:
Checklist Pembina
Checklist Pengurus
Checklist Pengawas
Berikan checklist pada pilihan Pengangkatan kembali Pengurus dan Pengawas
Ketika Perubahan Alamat Lengkap diberikan checklist, maka akan tampil:
Surat pernyataan dari pengurus Yayasan diketahui kepala desa atau lurah
NPWP
Data Yayasan terdiri dari:
Nama Yayasan, field ini hanya dapat diubah jika pada proses sebelumnya user memberikan checklist pada pilihan Nama Yayasan.\
NPWP Yayasan. Masukan NPWP Yayasan yang ingin dilakukan perubahan.
Jangka Waktu
Nomor SPT
Tanggal SPT
Akta Notaris terdiri dari:
Kedudukan Yayasan
Domisili Yayasan terdiri dari:
Alamat. Masukan alamat Yayasan yang ingin dilakukan perubahan.
RT. Masukan RT Yayasan yang ingin dilakukan perubahan.
RW. Masukan RW Yayasan yang ingin dilakukan perubahan.
Kecamatan. Masukan Kecamatan Yayasan yang ingin dilakukan perubahan.
Kelurahan. Masukan Kelurahan Yayasan yang ingin dilakukan perubahan.
Kodepos. Masukan Kodepos Yayasan yang ingin dilakukan perubahan.
Nomor Telepon. Masukan Nomor Telepon Yayasan yang ingin dilakukan perubahan.
Jenis Transaksi terdiri dari:
Pendiri Yayasan berisi tabel pendiri yayasan
Organ Yayasan memiliki beberapa aksi seperti:
Tombol Tambah. Ketika tombol tambah di klik, maka akan tampil pop-up untuk menambahkan Organ Yayasan.
Aksi Perbaharui. Ketika aksi perbaharui di klik, maka akan tampil pop-up untuk merubah data Organ Yayasan.
Aksi Hapus. Ketika aksi hapus di klik, maka data Organ Yayasan akan terhapus.
Maksud dan Tujuan. Pada bagian maksud dan tujuan user dapat memilih semua pilihan yang disediakan atau hanya memilih satu pilihan saja.
Notaris Pengganti. Berikan tandah checklist jika user merupakan Notaris Pengganti.
Persyaratan Dokumen yang Harus Dimiliki. Semua persyaratan harus dipenuhi untuk dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.
8. Pratinjau Perubahan Data Yayasan
Ketika perubahan data yang dilakukan telah sesuai dengan perubahan yang diajukan, maka akan tampil halaman Pratinjau Perubahan Data Yayasan. Halaman ini dimaksudkan untuk memperlihatkan hasil akhir Data Yayasan yang telah dilakukan perubahan. Jika klik tombol Kembali maka akan masuk kembali ke halaman Format Isian Perubahan Yayasan. Jika klik tombol Saya Yakin, maka data akan masuk ke Daftar Transaksi.
9. Daftar Transaksi Yayasan
Pada halaman Daftar Transaksi Yayasan, terdapat tabel data yang telah diinput. Tabel tersebut terdiri dari:
Nomor Urut
Nomor Transaksi
Filter Nomor Transaksi
Jenis Transaksi
Filter Jenis Transaksi
Jenis Pendirian
Filter Jenis Pendirian
Nama Yayasan
Filter Nama Yayasan
Status Billing
Filter Status Billing
Tanggal Transaksi
Filter Tanggal Transaksi
Download SK Perubahan, SP Perubahan dan Akta.
Untuk dapat mendownload SK, SP dan Akta, user harus melakukan upload terlebih dahulu dengan cara klik tombol “Pratinjau & Cetak SK/SP”.
10. Pratinjau dan Cetak SK/SP
11. Unggah Akta
Pada halaman Pratinjau dan Cetak SK/SP, klik tombol Unggah Akta. Maka akan tampil seperti pada Gambar 12 diatas.
Klik tombol Pilih File
Lalu pilih file Akta yang akan di unggah. Pastikan format file akta (.pdf) dan berukuran tidak lebih dari 5MB
Setelah file berhasil dipilih, user harus memberi checklist pada disclaimer yang tertera sebagai tanda persetujuan.
Klik tombol Upload
12. Download Akta
Ketika Akta berhasil di unggah, maka pada halaman Daftar Transaksi Yayasan akan tampil tombol Download Akta
Ketika tombol Download Akta di klik, maka Akta yang telah diupload akan terdownload dalam bentuk file PDF.
Klik tombol Pratinjau & Cetak SK/SP.
13. Pratinjau dan Cetak SK/SP
Ketika sudah masuk ke halaman Pratinjau dan Cetak SK/SP, klik tombol Saya Yakin Pratinjau Sudah Benar dan Cetak SK/SP.
Setelah itu akan muncul pop-up Perhatian seperti pada gambar dibawah ini.
14. Pop-Up Perhatian
15. Download SK/SP
16. Output SK
17. Output SP
4. Perubahan Pasal 37A Yayasan
1. Tampilan Awal
2. Login
Masukkan User dan Password masing-masing notaris.
Ketika klik tombol “Kembali” maka akan kembali ke halaman depan Ditjen AHU Online.
Ketika klik pada tombol “Lupa Password” maka akan masuk ke halaman Forgot Password, masukan email dan masukkan kode captcha, kemudian klik “Submit” untuk mengetahui password yang baru.
Ketika klik tombol “Masuk” maka akan masuk ke halaman Profil Notaris.
3. Pesan Nama Yayasan
Pada halaman Profil Notaris:
Pada side menu, pilih menu Yayasan.
Kemudian akan tampil submenu yang ada pada menu Yayasan, pilih submenu Pesan Nama.
Pada halaman Pesan Nama:
Klik tombol Pesan Nama Yayasan.
Masukkan Kode Pembayaran / Kode Voucher. Jika belum memiliki Kode Pembayaran / Kode Voucher, klik tombol “disini” untuk membeli voucher.
Masukkan Nama Yayasan dan Singkatan Yayasan yang diinginkan.
Klik tombol Cari untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
Setelah klik tombol Cari, maka akan tampil kolom Proses Pesan Nama Yayasan yang akan memberi keterangan apakah nama yang akan dipesan bisa dipakai atau tidak. Jika nama tersebut diperbolehkan untuk dipesan, maka berikan checklist pada kolom disclaimer yang tersedia.
Setelah mengklik tombol Setuju pada Pop-Up Perhatian, akan tampil data-data pemohon seperti Nama Pemohon, Telpon Pemohon dan Email Pemohon. Jika semua data sudah benar, klik tombol Pesan Sekarang.
4. Perubahan Pasal 37A Yayasan
Untuk melakukan permohonan Perubahan Pasal 37A Yayasan, dapat dilakukan dengan cara:
Pada side menu, klik menu Yayasan.
Setelah itu akan tampil submenu Yayasan, pilih submenu Perubahan Pasal 37A.
Pada halaman Perubahan Pasal 37A:
Masukkan Nomor Voucher Pemberitahuan Anggaran Dasar Yayasan. Jika pemohon belum memiliki Nomor Voucher Pemberitahuan Anggaran Dasar Yayasan, klik tombol “disini” untuk membeli Voucher.
Masukkan Nomor Pemesanan Nama. Nomor ini bisa didapatkan setelah pemohon melakukan proses Pesan Nama.
Masukkan Nomor Kode Pembayaran Pesan Nama. Nomor ini bisa didapatkan setelah pemohon melakukan proses Pesan Nama.
Klik tombol Kirim untuk melanjutkan proses.
Isikan field Data Yayasan, Riwayat Akta, Pendiri Yayasan dan Organ yang memiliki kewenangan merubah Anggaran Dasar.
Berikan checklist pada kolom Pernyataan.
Isikan field Akta Perubahan Anggaran Dasar dalam Rangka Perubahan Pasal 37A, Data Yayasan, Kedudukan Yayasan, Domisili Yayasan, Pengurus Yayasan, Maksud dan Tujuan dan Notaris Pengganti.
Berikan checklist pada kolom Pernyataan.
Berikan checklist pada Persyaratan Dokumen yang harus dimiliki.
Berikan checklist pada Pernyataan Persyaratan Dokumen.
Klik tombol Lanjutkan untuk masuk ke proses selanjutnya.
Pada halaman Pratinjau, periksa kelengkapan data apakah sudah sesuai atau belum. Jika ada data yang belum sesuai, klik tombol Kembali untuk memperbaiki data. Jika sudah sesuai, klik tombol Lanjutkan untuk melanjutkan proses.
Apabila permohonan berhasil, maka data permohonan akan masuk ke tabel Daftar Transaksi Yayasan. Pada tabel Daftar Transaksi Yayasan terdapat beberapa tombol aksi yang terdiri dari:
Tombol Tagihan PNRI. Ketika klik tombol Tagihan PNRI, maka akan terunduh tagihan PNRI dalam bentuk PDF.
Tombol Pratinjau & Cetak SK/SP. Ketika klik tombol Pratinjau & Cetak SK/SP maka akan masuk ke halaman Pratinjau.
Untuk melakukan upload Akta klik tombol Pratinjau & Cetak SK/SP.
Pada halaman Pratinjau terdapat lima tombol aksi yang terdisi dari:
Tombol Kembali. Ketika klik tombol Kembali maka akan kembali ke halaman Daftar Transaksi Yayasan.
Tombol Download PDF. Ketika klik Download PDF maka data Pratinjau akan terunduh dalam bentuk PDF.
Tombol Ubah Transaksi. Ketika klik tombol Ubah Transaksi maka akan masuk ke halaman Edit Transaksi.
Tombol Upload Akta. Ketika klik tombol Upload Akta maka akan masuk ke halaman Upload Akta.
Tombol Hapus Transaksi. Ketika klik tombol Hapus Transaksi maka data permohonan akan dihapus.
Untuk melakukan upload Akta klik tombol Upload Akta.
Pada Halaman Upload Akta, terdiri dari:
Untuk memilih file Akta yang akan di Upload, klik tombol Pilih File. Pastikan file Akta sudah berbentuk file PDF.
Berikan checklist pada kolom Persyaratan.
Klik tombol Upload untuk mengunggah file.
Setelah Upload Akta, tombol aksi pada halaman Daftar Transaksi Yayasan akan bertambah menjadi:
Tombol Tagihan PNRI. Ketika klik tombol Tagihan PNRI, maka akan terunduh tagihan PNRI dalam bentuk PDF.
Tombol Pratinjau & Cetak SK/SP. Ketika klik tombol Pratinjau & Cetak SK/SP maka akan masuk ke halaman Pratinjau.
Tombol Download Akta untuk mengunduh file Akta yang telah diupload.
Gambar diatas merupakan contoh SP Penyesuaian Yayasan
z
5. Penggabungan Yayasan
1. Login Notaris
Masukkan username dan Password. Kemudian Klik tombol
3. Pengisian Data Penggabungan Yayasan
Pada halaman Penggabungan Yayasan terdapat beberapa atribut, diantaranya:
Checkbox
sudah otomatis terceklis
Masukkan Nama Yayasan
Masukkan Nomor SK Terakhir
Masukkan Notaris Terakhir
Ceklis check box
merupakan transaksi Penggabungan yang dapat dilakukan bersamaan dengan transaksi Perubahan. Perubahan yang bisa dilakukan yaitu:
Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar. Dengan cara ceklis check box
. Daftar Perubahan yang dapat dilakukan yaitu :
Pemberitahuan Perubahan Anggaran Dasar. Dengan cara ceklis check box
. Daftar Perubahan yang dapat dilakukan yaitu :
Pemberitahuan Perubahan Data Yayasan. Dengan cara ceklis check box
. Daftar Perubahan yang dapat dilakukan yaitu :
Masukkan Nomor Voucher Perubahan (Jika Ada)
Masukkan Nomor Voucher Pemberitahuan Perubahan Anggaran Dasar (Jika Ada)
Lalu klik tombol
4. Persyaratan Utama
Selanjutnya akan tampil form Persyaratan Utama seperti pada gambar dibawah ini:
Pada form Persyaratan Utama, berikan checklist pada point-point seperti:
Pilih pilihan Berita acara rapat / Notulen keputusan Rapat Pembina berikan checklist pada :
Kuorum peserta rapat lebih dari ¾
Kuorum hasil suara pengambilan keputusan Rapat Anggota lebih dari 3/4
Checklist Rancangan akta Penggabungan
Checklist Persetujuan rancangan akta Penggabungan dari pembina Yayasan yang akan melakukan Penggabungan
Checklist Persetujuan rancangan akta Penggabungan dari pembina Yayasan yang akan menerima Penggabungan
Checklist Akta Penggabungan
Checklist Pengumuman surat kabar harian berbahasa Indonesia mengenai hasil Penggabungan
Checklist Foto kopi kartu nomor pokok wajib pajak Yayasan penerima Penggabungan dan laporan penerimaan surat pemberitahuan tahunan 2 (dua) tahun terakhir
Checklist Foto kopi kartu nomor pokok wajib pajak Yayasan yang menggabungkan diri dan laporan penerimaan surat pemberitahuan tahunan 2 (dua) tahun terakhir
Jika persyaratan utama sudah terceklis, kemudian checklist kolom pernyataan
Kemudian klik tombol
5. Pengisian Data Yayasan yang Menggabungkan Diri
Setelah melengkapi persyaratan utama, selanjutnya melakukan Pengisian Data Yayasan pada halaman Penggabungan Yayasan seperti pada gambar dibawah ini:
*Keterangan : Yayasan yang menggabungkan diri bisa lebih dari 1 (satu) Yayasan.
Tunggu beberapa saat sampai Nama Yayasan yang dimaksud tampil pada kolom Nama Yayasan tersebut.
Jika telah ditemukan Nama Yayasan yang dimaksud, klik pada Nama tersebut. Kemudian klik tombol
.
Maka akan menampilkan detail Nama Yayasan dan Nomor SK Yayasan tersebut, beserta Persyaratan Utama Penggabungan Yayasan seperti pada gambar dibawah ini:
Pada form Persyaratan Utama, berikan checklist pada point-point seperti:
Pilih pilihan Berita acara rapat / Notulen keputusan Rapat Pembina atau Rapat Gabungan. Jika memilih Berita acara rapat / Notulen keputusan Rapat Pembina, berikan checklist pada :
Kuorum peserta rapat lebih dari ¾
Kuorum hasil suara pengambilan keputusan Rapat Anggota lebih dari ¾
Checklist Rancangan akta Penggabungan
Checklist Persetujuan rancangan akta Penggabungan dari pembina Yayasan yang akan melakukan Penggabungan
Checklist Persetujuan rancangan akta Penggabungan dari pembina Yayasan yang akan menerima Penggabungan
Checklist Akta Penggabungan
Checklist Pengumuman surat kabar harian berbahasa Indonesia mengenai hasil Penggabungan
Checklist Foto kopi kartu nomor pokok wajib pajak Yayasan penerima Penggabungan dan laporan penerimaan surat pemberitahuan tahunan 2 (dua) tahun terakhir
Checklist Foto kopi kartu nomor pokok wajib pajak Yayasan yang menggabungkan diri dan laporan penerimaan surat pemberitahuan tahunan 2 (dua) tahun terakhir
Klik tombol
untuk menghapus Yayasan dari Daftar Yayasan yang Menggabungkan Diri.
Klik tombol
untuk kembali ke halaman sebelumnya
Klik tombol
, maka akan tampil pop up seperti pada gambar dibawah ini:
Klik tombol
untuk menutup form pop up
Klik tombol
, maka akan masuk ke halaman pengisian Akta Penggabungan Yayasan seperti pada gambar dibawah ini:
Pada halaman Pengisian Akta Penggabungan, akan ditampilkan hal-hal berikut:
Permohonan Penggabungan Yayasan, yang terdiri dari:
Detail Nama dan SK Terakhir Yayasan yang Menerima Penggabungan
Detail Nama dan SK Terakhir Yayasan yang Menggabungkan Diri
Akta Penggabungan Yayasan, yang terdiri dari:
Nama Notaris, kolom Nama Notaris akan otomatis terisi sesuai dengan login Notaris dan tidak bisa diganti
Nomor Akta, kolom untuk memasukkan Nomor Akta Penggabungan Yayasan
Tanggal Akta, kolom untuk memasukkan Tanggal Akta Penggabungan Yayasan
Tombol
, jika memiliki Akta Penggabungan Yayasan lebih dari 1.
Akta Perubahan Yayasan (Jika Ada Perubahan), yang terdiri dari:
Nama Notaris, kolom Nama Notaris akan otomatis terisi sesuai dengan login Notaris dan tidak bisa diganti
Nomor Akta, kolom untuk memasukkan Nomor Akta Penggabungan Yayasan
Tanggal Akta, kolom untuk memasukkan Tanggal Akta Penggabungan Yayasan
Tombol
, jika memiliki Akta Perubahan Yayasan lebih dari 1.
Kolom checklist Pernyataan
Klik tombol
, untuk kembali ke halaman sebelumnya
Klik tombol
, maka akan tampil pop up seperti pada gambar dibawah ini:
Tanggal Notulen Rapat
Pengumuman Hasil Likuidasi Surat Kabar:
Tanggal Efektif
Tanggal Cetak
Nama Surat Kabar
Pada halaman Permohonan Penggabungan Yayasan, terdapat:
Jenis Perubahan : Jenis Perubahan akan otomatis terceklis ketika user memberikan checklist perubahan pada halaman awal Penggabungan Yayasan
Tanggal Notulen Rapat
Pengumuman Hasil Likuidasi Surat Kabar:
Tanggal Cetak
Nama Surat Kabar
6. Pengisian Kuorum Kehadiran Rapat
1. Kuorum Kehadiran Rapat
Berikan checklist pada Nama Yayasan yang akan diisi kuorum kehadiran rapat. Kemudian klik tombol
maka akan tampil form seperti pada gambar dibawah ini:
Jika pada Persyaratan Utama memilih opsi Berita acara rapat / Notulen keputusan Rapat Pembina, maka Kuorum Kehadiran Rapat adalah 3/4 dari jumlah Pembina pada transaksi sebelumnya.
Masukkan Nama Pembina
Klik dropdown Organ Yayasan dan pilih pilihan Pembina
Jika Pembina tidak memungkinkan untuk hadir pada Rapat Pembina dikarenakan Meninggal atau Mengundurkan Diri, klik tombol
untuk mengisi Surat Keterangan seperti berikut.
Klik tombol
untuk menghapus data Organ Yayasan
2. Kuorum Persetujuan Rapat
Pada pop up Perhatian, jika masih ada kesalahan pengisian, user dapat menekan tombol
untuk kembali ke step sebelumnya
Jika semua data sudah benar, klik tombol
untuk masuk ke tahap selanjutnya.
7. Pilih Jenis Perubahan (Jika Ada)
Pada Tahap selanjutnya masuk ke halaman Permohonan pilih jenis Perubahan yaitu:
Perubahan Anggaran Dasar dengan Persetujuan Menteri
Nama Yayasan
Kegiatan Yayasan
Pemberitahuan Perubahan Anggaran Dasar
Pasal-pasal
Kedudukan
Pemberitahuan Perubahan Data Yayasan
Perubahan Organ
Pengangkatan Kembali Pengurus dan Pengawas
Perubahan Alamat Lengkap
Klik tombol
untuk kembali ke step sebelumnya
Klik tombol
untuk masuk ke step selanjutnya
Pada pop up Perhatian, jika masih ada kesalahan pengisian, user dapat menekan tombol
untuk kembali ke step sebelumnya
Jika semua data sudah benar, klik tombol
untuk masuk ke tahap selanjutnya.
Pada halaman Isian, menampilkan keseluruhan data dari Yayasan yang akan dilakukan perubahan sesuai dengan jenis perubahan yang dipilih.
Klik tombol
untuk kembali ke step sebelumnya
Klik tombol
untuk masuk ke step selanjutnya
Pada step selanjutnya akan masuk ke Pop Up Disclaimer Perhatian, dimana notaris harus benar-benar memperhatikan dan menyetujui peringatan tersebut. Notaris harus menceklis sebagai pernyataan setuju.
Klik tombol
untuk kembali ke step sebelumnya
Klik tombol
untuk masuk ke step selanjutnya
9. Halaman Pratinjau Penggabungan Yayasan
Pada halaman Pratinjau, menampilkan keseluruhan data dari Yayasan yang telah dilakukan perubahan dan penggabungan. Fungsi lain dari halaman Pratinjau adalah untuk memastikan apakan masih ada kesalahan pengisian data penggabungan dan perubahan Yayasan sebelum transaksi tersebut di submit.
Klik tombol
untuk kembali ke halaman sebelumnya
Klik tombol
untuk submit transaksi Penggabungan Yayasan.
10. Upload Akta
Setelah berhasil melakukan transaksi Penggabungan Yayasan, tahap selanjutnya adalah melakukan Upload Akta, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
Klik tombol
, setelah itu akan masuk ke halaman Pratinjau 7 Hari seperti pada gambar dibawah ini:
Pada halaman Pratinjau 7 Hari, terdapat beberapa tombol yang berfungsi untuk :
Tombol
berfungsi untuk mengembalikan posisi user ke halaman sebelumnya
Tombol
berfungsi untuk mengunduh data transaksi Pembubaran Yayasan
Tombol
berfungsi untuk melakukan Upload Akta pada transaksi Pembubaran Yayasan.
Klik tombol
untuk melakukan Upload Akta. Setelah itu akan tampil halaman Upload Akta seperti pada gambar dibawah ini:
Tombol
berfungsi untuk mencetak SK/SP jika sudah yakin data benar
Tombol
berfungsi untuk mengunduh ulang upload akta yang telah di unduh sebanyak 1 kali unduh ulang
Klik tombol
untuk melakukan Cetak SK/SP, jika permohonan penggabungan diikuti Perubahan maka akan langsung cetak SK/SP
6. Pembubaran Yayasan
1. Login Notaris
Masukkan username dan Password. Kemudian Klik tombol
Pada halaman Pengisian Pembubaran Yayasan, lakukan hal-hal dibawah ini:
Masukkan Nama Yayasan yang akan dilakukan Pembubaran
Masukkan Nomor SK Terakhir dari Yayasan yang akan dibubarkan
Masukkan Nama Notaris Terakhir dari Yayasan Tersebut
Klik tombol
untuk kembali ke halaman Alasan Pembubaran
Jika semua kolom sudah diisi dengan data yang benar, klik tombol
. Maka akan tampil Susunan Pembina, Pengurus dan Pengawas dari Yayasan tersebut, serta Persyaratan Utama untuk melakukan transaksi Pembubaran Yayasan seperti pada gambar dibawah ini:
Berikan checklist pada semua Persyaratan Utama yang ada
Setelah itu, berikan checklist pada kolom Pernyataan berwarna kuning
Lalu klik tombol
untuk masuk ke tahap selanjutnya.
Pada pop up Pratinjau, jika masih ada kesalahan pengisian, user dapat menekan tombol
untuk kembali ke step sebelumnya
Jika semua data sudah benar, klik tombol
untuk masuk ke tahap selanjutnya.
3. Pengisian Permohonan Pembubaran Yayasan
Kemudian tampil halaman Pengisian Permohonan Pembubaran Yayasan seperti gambar dibawah ini.
Pada halaman Pengisian Permohonan Pembubaran Yayasan, terdapat kolom yang harus diisi, diantaranya:
1. Akta Notaris yang dibuat untuk permohonan sekarang
Masukkan Nomor Akta
Masukkan Tanggal Akta
2. Tanggal Rapat
Masukkan Tanggal Rapat
Pengumuman Surat Kabar Pembubaran
Masukkan Tanggal Cetak
Masukkan Nama Surat Kabar
Klik tombol
jika Surat Kabar lebih dari 1 (satu)
Notaris Pengganti
Jika terdapat Notaris Pengganti, maka berikan checklist pada kolom Notaris Pengganti
3. Kuorum Kehadiran Rapat
Klik tombol
, setelah itu akan tampil pop up seperti pada gambar dibawah ini:
Jika pada Persyaratan Utama memilih opsi Berita acara rapat / Notulen keputusan Rapat Pembina, maka Kuorum Kehadiran Rapat adalah 2/3 dari jumlah Pembina pada transaksi sebelumnya.
Masukkan Nama Pembina
Klik dropdown Organ Yayasan dan pilih pilihan Pembina
Jika Pembina tidak memungkinkan untuk hadir pada Rapat Pembina dikarenakan Meninggal atau Mengundurkan Diri, klik tombol
untuk mengisi Surat Keterangan.
Klik tombol
untuk menghapus data Organ Yayasan
4. Kuorum Persetujuan Rapat
Ceklist terlebih dahulu pernyataan pembubaran tersebut
Pengumuman Surat Kabar Hasil Likuidasi
Masukkan Tanggal Cetak
Masukkan Nama Surat Kabar
Klik tombol
jika Surat Kabar lebih dari 1 (satu)
Sisa Kekayaan
Sisa kekayaan dapat diinput free text dan bisa juga tidak dilakukan penginputan
Klik tombol
untuk kembali ke step sebelumnya
Klik tombol
untuk masuk ke step selanjutnya
4. Masuk ke Halaman Pratinjau Pembubaran Yayasan
Halaman Pratinjau adalah untuk memastikan apakan masih ada kesalahan pengisian data Pembubaran Yayasan sebelum transaksi tersebut di submit.
Klik tombol
untuk kembali ke halaman sebelumnya
Klik tombol
untuk submit transaksi Pembubaran Yayasan.
5. Upload Akta
Setelah berhasil melakukan transaksi Pembubaran Yayasan, maka tahap selanjutnya yaitu melakukan Upload Akta dengan cara:
Klik tombol
, setelah itu akan masuk ke halaman Pratinjau 7 Hari seperti pada gambar dibawah ini:
Pada halaman Pratinjau 7 Hari, terdapat beberapa tombol yang berfungsi untuk :
Tombol
berfungsi untuk mengembalikan posisi user ke halaman sebelumnya
Tombol
berfungsi untuk mengunduh data transaksi Pembubaran Yayasan
Tombol
berfungsi untuk melakukan Upload Akta pada transaksi Pembubaran Yayasan.
Klik tombol
untuk melakukan Upload Akta. Setelah itu akan tampil halaman Upload Akta seperti pada gambar dibawah ini:
Berikan checklist pada kolom Pernyataan
Klik tombol
untuk memilih file yang akan di upload
Setelah file berhasil di pilih, klik tombol
Jika tahap Upload berhasil, maka user akan kembali ke halaman Daftar Transaksi Yayasan dan output SP Pembubaran akan tampil pada transaksi Pembubaran Yayasan seperti pada gambar dibawah ini: