Digunakan untuk calon notaris melakukan Pelatihan Peningkatan Kualitas Jabatan Notaris terkait calon notaris melakukan pengangkatan notaris. Berikut langkah – langkahnya :
Jika registrasi sukses, maka akan tampil notifikasi seperti gambar berikut.
Setelah mengisi form registrasi, peserta harus melakukan aktivasi akun. Langkah-langkah melakukan aktivasi akun adalah sebagi berikut:
Tahap selanjutnya setelah peserta melakukan aktivasi akun adalah dengan login terlebih dahulu, seperti pada gambar berikut.
Setelah peserta berhasil login, maka akan tampil halaman Pengisian Kelengkapan Data Peserta pada Aplikasi PPKJN. Berikut adalah langkah-langkah Pengisian Kelengkapan Data Peserta:
Pertama peserta diwajibkan mengisi Biodata Peserta. Berikut tampilan halaman pengisian biodata pribadi.
Isi Form Biodata Peserta
Adapun Alamat lengkap yang harus di isi oleh peserta agar dapat memberikan informasi yang jelas mengenai alamat peserta.
Isi Form Data Alamat
Upload Dokumen Persyaratan untuk melengkapi persyaratan seorang calon notaris mengikuti pelatihan. Dokumen yang diunggah adalah sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2017 Tentang Pelatihan Peningkatan Kualitas Jabatan Notaris. File yang di perbolehkan upload berukuran maksimal 5MB dan berformat PDF, JPG, JPEG, PNG. Berikut daftar dokumen yang harus di Upload :
Upload Dokumen Persyaratan
Jika peserta ingin menyimpan data sebelum dikirim untuk di verifikasi, peserta dapat Klik tombol maka akan tampil pop-up seperti gambar berikut.
Klik tombol OK pada Pop-Up, maka akan tampil notifikasi Biodata berhasil di draft. Berikut tampilannya.
Jika peserta telah selesai mengisi seluruh data serta upload dokumen persyaratan, peserta dapat Klik tombol Simpan maka akan tampil pop-up seperti gambar berikut.
Klik tombol OK pada Pop-Up, maka akan tampil notifikasi Biodata berhasil di simpan. Berikut tampilannya.
Setelah Data dan Dokumen Peserta selesai di verifikasi, maka peserta akan mendapatkan email Hasil Verifikasi Data dan Dokumen Peserta. Berikut tampilan email Verifikasi Dokumen.
Peserta dapat Klik tombol Website Pelatihan Peningkatan Kualitas Jabatan Notaris, maka akan tampil ke halaman Login Aplikasi Pelatihan Peningkatan Kualitas Jabatan Notaris.
Peserta yang telah lolos Verifikasi Dokumen Persyaratan namun jadwal pelatihan belum tersedia, berikut adalah gambarnya
Bila jadwal pelatihan telah tersedia, maka tampil halaman Dashboard Calon Notaris. Klik tombol Daftar Disini seperti gambar berikut :
Kemudian, pada halaman ini klik tombol Daftar Pelatihan
Pada popup konfirmasi, klik OK
Peserta dapat mencetak kartu pelatihan dengan klik tombol Cetak Kartu Pelatihan
Maka akan ter-download Kartu Pealtihan dalam bentuk PDF seperti gambar berikut :
Pada Kartu pelatihan terdapat Qr Code yang dapat di scan menggunakan aplikasi pada smartphone atau dapat juga menggunakan alat Barcode/Qr Code. Apabila sudah di scan, akan tampil halaman isi Qr Code, seperti gambar berikut:
Untuk peserta yang berstatus Daftar Ulang seperti halaman berikut.
Peserta dapat melaksanakan pelatihan dengan klik tombol Mulai Pelatihan , maka akan tampil halaman berikut.
Pada pelatihan Pilihan Ganda terdapat 100 pertanyaan. Untuk 1 pertanyaan, Peserta hanya dapat memilih salah satu jawaban. Peserta dapat klik radio button di jawaban tersebut.
Apabila peserta sudah selesai menjawab pertanyaan-pertanyaan Pilihan Ganda, maka peserta dapat klik tombol pada halaman pelatihan Pilihan Ganda dan akan tampil pop up review jawaban seperti yang sudah dijelaskan diatas dan akan diakhiri dengan klik tombol pada pop up pertanyaan menyimpan jawaban seperti yang sudah dijelaskan diatas. Kemudian akan muncul halaman yang menyatakan bahwa peserta telah selesai pelatihan dan akan menampilkan nilai . Klik tombol Selesai untuk melanjutkan.
Tahap selanjutnya setelah peserta mendapatkan informasi kelulusan adalah dengan login terlebih dahulu, seperti pada gambar berikut:
Setelah itu, peserta akan diarahkan kembali ke Dashboard Calon Notaris seperti pada gambar berikut ini.
Pada halaman Dashboard Calon Notaris terdapat status yang menandakan bahwa peserta telah Lulus Pelatihan Peningkatan Kualitas Jabatan Notaris.
Untuk dapat mencetak Sertifikat Kelulusan, klik tombol kemudian sertifikat akan otomatis ter-download dalam format file pdf dengan tampilan seperti ini
Langkah selanjutnya adalah klik tombol dan akan diarahkan pada form Login aplikasi Notariat. Login menggunakan User ID dan Password Pelatihan Peningkatan Kualitas Jabatan Notaris.
Isi form Login, yang terdiri dari:
Setelah isi form Login, klik tombol MASUK yang kemudian akan tampil Form Isian Pengangkatan Notaris dengan 7 tahapan. Untuk Penjelasan akan dibahas pada dokumen Panduan penggunaan Aplikasi Pendaftaran Notaris.