Alat Pengguna

Alat Situs


penghapusan

PENGHAPUSAN FIDUSIA

Untuk masuk kedalam Aplikasi Fidusia Online cukup dengan mengklik alamat URL http://fidusia.ahu.go.id pada browser. Kemudian akan muncul tampilan, sebagai berikut

  • Cara Melakukan Penghapusan Fidusia Online

Untuk melakukan Penghapusan Jaminan Fidusia Onlie, Notaris harus memiliki user ID dan password aplikasi fidusia online. Berikut langkah-langkah Penghapusan jaminan fidusia online

A. LOGIN

Notaris dapat melakukan roya jaminan Fidusia dengan terlebih dahulu login dengan memilih icon Notaris seperti gambar di atas.

Maka akan menampilkan form login, kemudian lakukan Login dengan user ID dan password yang Anda miliki.

  1. Masukan Username
  2. Masukan Password
  3. Klik Saya Bukan Robot untuk reCaptcha
  4. Setelah itu Klik tombol

B. TAMPILAN HOME

Setelah memasuki tampilan home pada fidusia maka akan terlihat penguman dan peringatan.

C. ISI FORM PENGHAPUSAN

Ada 2 kategori form penghapusan jaminan fidusia, yaitu:

  • Form Data Baru

Isi form ini jika pendaftaran jaminan fidusia dilakukan secara online.

  • Form Data Lama

Isi form ini jika pendaftaran jaminan fidusia dilakukan secara offline atau manual.

1. Pilih “Jenis Penghapusan” Jaminan fidusia yang akan dilakukan.

2. Data baru

  • Masukkan “Nomor Sertifikat Pendaftaran” ketika mendaftarkan jaminan fidusia.
  • Masukkan “Tanggal Sertifikat Fidusia” ketika mendaftarkan jaminan fidusia.
  • Masukkan “Nama Notaris” yang melakukan proses Pendaftaran.
  • Masukkan “Kedudukan Notaris” yang melakukan proses pendaftaran.
  • Klik untuk mulai memproses data yang akan dirubah.

3. Data Lama

  • Masukkan “Nomor Sertifikat Pendaftaran” ketika mendaftarkan jaminan fidusia.
  • Masukkan “Tanggal Sertifikat Fidusia” ketika mendaftarkan jaminan fidusia.
  • Masukkan “Waktu Sertifikat Pendaftaran” yang berupa jam, mennit dan detik ketika mendaftarkan jaminan fidusia.
  • Masukkan “Nama Notaris” yang melakukan proses Pendaftaran.
  • Masukkan “Kedudukan Notaris” yang melakukan proses pendaftaran.
  • Klik tombol untuk mulai memproses data yang akan dirubah.

Setelah data sesuai dan ditemukan maka akan muncul form isia roya data baru seperti gambar berikut:

1. Masukkan “Tanggal Penghapusan”Jaminan fidusia yang akan dilakukan.

  • Baca dan checklist “Disclaimer Pernyataan” penghapusan jaminan fidusia.
  • Baca dan checklist “Disclaimer Peringatan” bahwa telah melakukan penghapusan jaminan fidusia.

2. Klik untuk melakukan pratinjau sebelum melakukan penghapusan. Klik untuk mulai memproses data yang akan dihapus.

Setelah data sesuai dan ditemukan maka akan muncul form isia roya data lama seperti gambar berikut:

Form Isian Roya Data Lama terdiri dari:

1. Informasi Sertifikat Jaminan Fidusia yang Ingin Dihapus

  • Nomor Serifikat
  • Tanggal Sertifikat

2. Identitas Pemberi Fidusia, terdiri dari 2 jenis pemberi yaitu perusahaan dan perorangan sebagai berikut:

  • Perusahaan
  1. Masukkan “Nama Pemberi” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  2. Masukkan “NPWP/No SK” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  3. Masukkan “No. Telepon” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  4. Masukkan “Alamat” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  5. Masukkan “Kode Pos Provinsi” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  6. Masukkan “Kabupaten/Kota” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  7. Masukkan “Kecamatan” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  8. Masukkan “Kelurahan” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  9. Masukkan “RT” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  10. Masukkan “RW” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  • Perorangan
  1. Masukkan “Nama Pemberi” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  2. Masukkan “NPWP/NIK” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  3. Masukkan “No. Telepon” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  4. Masukkan “Alamat” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  5. Masukkan “Kode Pos Provinsi” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  6. Masukkan “Kabupaten/Kota” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  7. Masukkan “Kecamatan” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  8. Masukkan “Kelurahan” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  9. Masukkan “RT” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  10. Masukkan “RW” ketika mendaftarkan jaminan fidusia

3. Identitas Penerima Fidusia, terdiri dari 2 jenis penerima yaitu perusahaan dan perorangan sebagai berikut:

  • Perusahaan
  1. Masukkan “Nama Penerima” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  2. Masukkan “NPWP/No SK” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  3. Masukkan “No. Telepon” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  4. Masukkan “Alamat” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  5. Masukkan “Kode Pos Provinsi” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  6. Masukkan “Kabupaten/Kota” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  7. Masukkan “Kecamatan” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  8. Masukkan “Kelurahan” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  9. Masukkan “RT” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  10. Masukkan “RW” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  • Perorangan
  1. Masukkan “Nama Penerima” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  2. Masukkan “NPWP/NIK” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  3. Masukkan “No. Telepon” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  4. Masukkan “Alamat” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  5. Masukkan “Kode Pos Provinsi” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  6. Masukkan “Kabupaten/Kota” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  7. Masukkan “Kecamatan” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  8. Masukkan “Kelurahan” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  9. Masukkan “RT” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  10. Masukkan “RW” ketika mendaftarkan jaminan fidusia

4. Rincian Nilai Jaminan Fidusia

  • Masukkan “Nilai Hutang” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  • Masukkan “Nilai Jaminan” ketika mendaftarkan jaminan fidusia

5. Akta Notaris Jaminan Fidusia

  • Masukkan “Nomor Akta” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  • Masukkan “Tanggal Akta” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  • Masukkan “Nama Notaris” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  • Masukkan “Kedudukan Notaris” ketika mendaftarkan jaminan fidusia

6. Penghapusan Karena Pelunasan

  • Masukkan “Tanggal Penghapusan karena pelunasan” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
  • Ceklis pernyataan

7. Peringatan

  • Ceklis peringatan

8. Klik tombol untuk melihat Surat Keterangan. Klik tombol untuk memproses data dan melakukan pembatalan, maka akan muncul notif konfirmasi sebegai berikut:

Klik tombol untuk kembali pada halaman sebelumnya, klik tombol untuk melanjutkan proses dan ketika tombol OK di klik maka akan muncul notif:

Klik untuk melanjutkan, maka akan muncul halaman berikut:

cetaksk.jpg

Klik tombol untuk menyetak Surat Keputusan Penghapusan

D. SURAT PENGHAPUSAN

Setelah melakukan Penghapusan, Anda akan mendapatkan surat penghapusan jaminan fidusia. Berikut tahap-tahapnya:

  1. Klik “Daftar Transaksi” untuk melihat data transaksi yang sudah Anda lakukan.
  2. Maka akan muncul Jenis Transaksi Penghapusan pada kolom Options Surat Penghapusan, klik untuk melihat Surat Penghapusan yang sudah ada seperti contoh gambar berikut:

E. DAFTAR TRANSAKSI

  • Klik menu “Daftar Transaksi” untuk melihat status jenis fidusia
  1. Pada kolom pencarian untuk mencari data fidusia
  2. Maka akan terlihat tampilan kolom dan ceklis jenis fidusia agar mengetahui statusnya dan akan terlihat tabel di bawah kolom. Jika kotak masih berwarna hijau berarti status sudah bayar
  3. Tombol untuk melihat history transkasi ketika Notaris sudah lakukan 1 Kali download Surat Sertifikat Pendaftaran
penghapusan.txt · Terakhir diubah: 2023/10/10 04:32 (Perubahan eksternal)