Alat Pengguna

Alat Situs


ppkjn

Pelatihan Peningkatan Kualitas Jabatan Notaris

Digunakan untuk calon notaris melakukan Pelatihan Peningkatan Kualitas Jabatan Notaris terkait calon notaris melakukan pengangkatan notaris. Berikut langkah – langkahnya :

1. Registrasi Akun Peserta

  • Maka akan tampil Halaman Login Pelatihan Peningkatan Kualitas Jabatan Notaris seperti gambar berikut.

  • Klik link Registrasi yang berada dibawah tombol Login, untuk memulai proses Registrasi

  1. Masukkan Username Peserta (wajib isi)
  2. Masukkan Email Peserta (wajib isi)
  3. Masukkan Password (wajib isi)
  4. Masukkan Konfirmasi Password (wajib isi)
  5. Masukkan Nomor Identitas (KTP) (wajib isi)
  6. Masukkan Nomor Ijasah (M.Kn.) (wajib isi)
  7. Klik tombol Registrasi untuk melanjutkan proses registrasi.

Jika registrasi sukses, maka akan tampil notifikasi seperti gambar berikut.

2. Aktivasi Akun Peserta

Setelah mengisi form registrasi, peserta harus melakukan aktivasi akun. Langkah-langkah melakukan aktivasi akun adalah sebagi berikut:

  • Peserta mengecek email untuk mengaktifkan akun. Berikut isi dari pesan aktivasi akun pada email yang telah didaftarkan pada saat mengisi form registrasi:

  • Klik tombol Aktivasi Akun Anda pada isi email aktivasi akun.

Maka akan tampil halaman Login PPKJN.

3. Login

Tahap selanjutnya setelah peserta melakukan aktivasi akun adalah dengan login terlebih dahulu, seperti pada gambar berikut.

  1. Masukkan Username (wajib isi)
  2. Masukkan Password (wajib isi)
  • Klik tombol Login

4. Pengisian Kelengkapan Data Peserta

Setelah peserta berhasil login, maka akan tampil halaman Pengisian Kelengkapan Data Peserta pada Aplikasi PPKJN. Berikut adalah langkah-langkah Pengisian Kelengkapan Data Peserta:

A. Biodata Peserta

Pertama peserta diwajibkan mengisi Biodata Peserta. Berikut tampilan halaman pengisian biodata pribadi.

Isi Form Biodata Peserta

  1. Masukkan Nama (tanpa gelar) (wajib isi)
  2. Masukkan Tempat Lahir (wajib isi)
  3. Masukkan Tanggal Lahir (wajib isi)
  4. Pilih Jenis Kelamin (wajib isi)
  5. Masukkan Gelar Depan (optional)
  6. Masukkan Gelar Belakang (wajib isi)
  7. Pilih Agama (optional)
  8. Pilih Status Perkawinan (optional)
  9. Nomor Identitas (KTP) » Dapat Mengubah Nomor Identitas (KTP) (data diambil dari pengisian registrasi) (wajib isi)
  10. Masukkan NPWP (wajib isi)
  11. Masukkan No HP (wajib isi)
  12. Email Sudah Terisi
  13. Masukkan Nomor Ijasah » Dapat Mengubah Nomor Ijasah (data diambil dari pengisian registrasi) (wajib isi)

B. Data Alamat

Adapun Alamat lengkap yang harus di isi oleh peserta agar dapat memberikan informasi yang jelas mengenai alamat peserta.

Isi Form Data Alamat

  1. Masukkan Alamat Rumah (wajib isi)
  2. Masukkan Kode Pos (wajib isi)
  3. Pilih Provinsi (wajib isi)
  4. Pilih Kabupaten (wajib isi)
  5. Masukkan RT (optional)
  6. Masukkan RW (optional)
  7. Masukkan Kecamatan (wajib isi)
  8. Masukkan Kelurahan (wajib isi)

C. Dokumen Persyaratan

Upload Dokumen Persyaratan untuk melengkapi persyaratan seorang calon notaris mengikuti pelatihan. Dokumen yang diunggah adalah sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2017 Tentang Pelatihan Peningkatan Kualitas Jabatan Notaris. File yang di perbolehkan upload berukuran maksimal 5MB dan berformat PDF, JPG, JPEG, PNG. Berikut daftar dokumen yang harus di Upload :

Upload Dokumen Persyaratan

  1. Upload Identitas yang Berlaku (wajib isi)
  2. Upload Pas Foto terbaru dengan background merah (wajib isi)
  3. Upload Ijasah Sarjana Hukum (wajib isi)
  4. Upload Ijasah Magister Kenotariatan/Ijasah Program Pendidikan Spesialis Notariat (wajib isi)
  5. Upload Sertifikat Kelulusan Kode Etik Notaris (wajib isi)
  6. Upload Surat Keterangan Magang 2 Tahun Yang Diketahui Organisasi Notaris (wajib isi)
  7. Upload Surat Pernyataan tidak Berstatus Tersangka/Terdakwa Bermaterai (wajib isi)
  8. Upload Surat Pernyataan Bermaterai bahwa Semua Dokumentasi Asli yang Diunggah adalah Benar (wajib isi)
  9. Klik Link

Jika peserta ingin menyimpan data sebelum dikirim untuk di verifikasi, peserta dapat Klik tombol maka akan tampil pop-up seperti gambar berikut.

Klik tombol OK pada Pop-Up, maka akan tampil notifikasi Biodata berhasil di draft. Berikut tampilannya.

Jika peserta telah selesai mengisi seluruh data serta upload dokumen persyaratan, peserta dapat Klik tombol Simpan maka akan tampil pop-up seperti gambar berikut.

Klik tombol OK pada Pop-Up, maka akan tampil notifikasi Biodata berhasil di simpan. Berikut tampilannya.

PENDAFTARAN PELATIHAN

1. Selesai Verifikasi

Setelah Data dan Dokumen Peserta selesai di verifikasi, maka peserta akan mendapatkan email Hasil Verifikasi Data dan Dokumen Peserta. Berikut tampilan email Verifikasi Dokumen.

Peserta dapat Klik tombol Website Pelatihan Peningkatan Kualitas Jabatan Notaris, maka akan tampil ke halaman Login Aplikasi Pelatihan Peningkatan Kualitas Jabatan Notaris.

2. Pendaftaran Pelatihan

Peserta yang telah lolos Verifikasi Dokumen Persyaratan namun jadwal pelatihan belum tersedia, berikut adalah gambarnya

Bila jadwal pelatihan telah tersedia, maka tampil halaman Dashboard Calon Notaris. Klik tombol Daftar Disini seperti gambar berikut :

Kemudian, pada halaman ini klik tombol Daftar Pelatihan

Pada popup konfirmasi, klik OK

Peserta dapat mencetak kartu pelatihan dengan klik tombol Cetak Kartu Pelatihan

Maka akan ter-download Kartu Pealtihan dalam bentuk PDF seperti gambar berikut :

Pada Kartu pelatihan terdapat Qr Code yang dapat di scan menggunakan aplikasi pada smartphone atau dapat juga menggunakan alat Barcode/Qr Code. Apabila sudah di scan, akan tampil halaman isi Qr Code, seperti gambar berikut:

PELAKSANAAN PELATIHAN

1. Pelatihan Pilihan Ganda

Untuk peserta yang berstatus Daftar Ulang seperti halaman berikut.

Peserta dapat melaksanakan pelatihan dengan klik tombol Mulai Pelatihan , maka akan tampil halaman berikut.

Pada pelatihan Pilihan Ganda terdapat 100 pertanyaan. Untuk 1 pertanyaan, Peserta hanya dapat memilih salah satu jawaban. Peserta dapat klik radio button di jawaban tersebut.

  1. Klik tombol pada halaman pelatihan Pilihan Ganda, maka akan ke soal dan jawaban selanjutnya.
  2. Klik tombol pada halaman pelatihan Pilihan Ganda, maka akan kembali ke soal dan jawaban sebelumnya.
  3. Peserta checklist jika peserta ragu – ragu pada jawaban dan ingin me-review kembali jawaban, maka di pop-up Pratinjau akan berubah warna kuning.
  4. Peserta dapat klik tombol pada halaman Pelatihan Pilihan Ganda, apabila peserta sudah banyak mengisi jawaban dari beberapa pertanyaan dan ingin melihat jawabannya,dan akan tampil halaman seperti gambar berikut.

  • Klik tombol pada halaman pratinjau, maka akan kembali ke halaman pertanyaan.
  • Klik tombol pada halaman pratinjau, maka akan tampil pop up pertanyaan untuk melakukan review jawaban.

  • Klik tombol pada pop up pertanyaan review jawaban, maka akan kembali ke pop up pratinjau.
  • Klik tombol pada pop up pertanyaan review jawaban, maka akan tampil pop up pertanyaan untuk menyimpan jawaban seperti gambar berikut.

  • Klik tombol pada pop up pertanyaan menyimpan jawaban, maka akan kembali ke halaman pertanyaan.
  • Klik tombol pada pop up pertanyaan menyimpan jawaban, maka jawaban akan tersimpan dan Pelatihan Pilihan Ganda akan berakhir.

Apabila peserta sudah selesai menjawab pertanyaan-pertanyaan Pilihan Ganda, maka peserta dapat klik tombol pada halaman pelatihan Pilihan Ganda dan akan tampil pop up review jawaban seperti yang sudah dijelaskan diatas dan akan diakhiri dengan klik tombol pada pop up pertanyaan menyimpan jawaban seperti yang sudah dijelaskan diatas. Kemudian akan muncul halaman yang menyatakan bahwa peserta telah selesai pelatihan dan akan menampilkan nilai . Klik tombol Selesai untuk melanjutkan.

HASIL PELATIHAN

1. Lulus Pelatihan

Tahap selanjutnya setelah peserta mendapatkan informasi kelulusan adalah dengan login terlebih dahulu, seperti pada gambar berikut:

Setelah itu, peserta akan diarahkan kembali ke Dashboard Calon Notaris seperti pada gambar berikut ini.

Pada halaman Dashboard Calon Notaris terdapat status yang menandakan bahwa peserta telah Lulus Pelatihan Peningkatan Kualitas Jabatan Notaris.

Untuk dapat mencetak Sertifikat Kelulusan, klik tombol kemudian sertifikat akan otomatis ter-download dalam format file pdf dengan tampilan seperti ini

Langkah selanjutnya adalah klik tombol dan akan diarahkan pada form Login aplikasi Notariat. Login menggunakan User ID dan Password Pelatihan Peningkatan Kualitas Jabatan Notaris.

Isi form Login, yang terdiri dari:

  • Username : Masukkan Username (wajib isi)
  • Password : Masukkan Password (wajib isi)

Setelah isi form Login, klik tombol MASUK yang kemudian akan tampil Form Isian Pengangkatan Notaris dengan 7 tahapan. Untuk Penjelasan akan dibahas pada dokumen Panduan penggunaan Aplikasi Pendaftaran Notaris.

ppkjn.txt · Terakhir diubah: 2021/11/09 05:55 (Perubahan eksternal)