Alat Pengguna

Alat Situs


permohonan_legalisasi

Perbedaan

Ini menunjukkan perbedaan antara versi yang terpilih dengan versi yang sedang aktif.

Tautan ke tampilan pembanding ini

Both sides previous revision Revisi sebelumnya
Revisi selanjutnya
Revisi sebelumnya
permohonan_legalisasi [2023/02/07 09:42]
superadmin
permohonan_legalisasi [2024/04/19 04:11] (sekarang)
Baris 1: Baris 1:
 + 
  
 ===== Panduan Pengguna Aplikasi AHU Legalisasi - Apostille Untuk Permohonan Legalisasi ===== ===== Panduan Pengguna Aplikasi AHU Legalisasi - Apostille Untuk Permohonan Legalisasi =====
Baris 8: Baris 8:
  
 A. Klik  untuk melakukan pendaftaran akun AHU Legalisasi - Apostille anda. A. Klik  untuk melakukan pendaftaran akun AHU Legalisasi - Apostille anda.
-{{ :​gambar_1._registrasi_akun.jpg |}}+{{ :​gambar_1._registrasi_akun.jpg?​nolink&​800 ​|}}
  
 B. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman Registrasi seperti gambar di bawah ini: B. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman Registrasi seperti gambar di bawah ini:
-{{ :​gambar_2._halaman_registrasi.png |}}+{{ :​gambar_2._halaman_registrasi.png?​nolink&​800 ​|}}
  
 Keterangan: Keterangan:
   * 1. Masukkan **NIK** sesuai KTP. (Wajib diisi)   * 1. Masukkan **NIK** sesuai KTP. (Wajib diisi)
   * 2. Masukkan **Nama Lengkap**. (Wajib diisi) ​   * 2. Masukkan **Nama Lengkap**. (Wajib diisi) ​
-  * 3. Masukkan **Email** yang valid. (Wajib diisi) +  * 3. Masukkan **//Email//** yang valid. (Wajib diisi) 
-  * 4. Masukkan **Konfirmasi Email** . (Wajib diisi)+  * 4. Masukkan **Konfirmasi ​//Email//** . (Wajib diisi)
   * 5. Masukkan **Nomor Handphone**. (Wajib diisi)   * 5. Masukkan **Nomor Handphone**. (Wajib diisi)
   * 6. Klik "​**Daftar Sekarang**"​ jika sudah selesai.   * 6. Klik "​**Daftar Sekarang**"​ jika sudah selesai.
  
 C. Akan muncul notifikasi apabila registrasi sudah berhasil seperti yang terlihat pada gambar berikut ini: C. Akan muncul notifikasi apabila registrasi sudah berhasil seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:
-{{ :​gambar_3._notifikasi_registrasi_berhasil.jpg |}}+{{ :​gambar_3._notifikasi_registrasi_berhasil.jpg?​nolink&​800 ​|}}
  
-D. Kemudian cek **Email** yang telah anda daftarkan sebelumnya. Anda akan mendapatkan **Email Aktivasi akun** yang berisi **NIK** anda dan **Password Sementara** yang dapat digunakan untuk Login dan klik "​**Aktivasi Akun**"​ atau gunakan link URL untuk melakukan aktivasi akun: +D. Kemudian cek **//Email//** yang telah anda daftarkan sebelumnya. Anda akan mendapatkan **//Email// Aktivasi akun** yang  
-{{ :​gambar_4._aktivasi_akun.jpg |}}+berisi **NIK** anda dan **//Password// Sementara** yang dapat digunakan untuk //Login// dan klik "​**Aktivasi Akun**"​ atau gunakan ​//link// URL untuk melakukan aktivasi akun: 
 +{{ :​gambar_4._aktivasi_akun.jpg?​nolink&​800 ​|}}
  
 E. Apabila Aktivasi Akun berhasil, maka akan muncul notifikasi seperti gambar berikut ini: E. Apabila Aktivasi Akun berhasil, maka akan muncul notifikasi seperti gambar berikut ini:
-{{ :​gambar_5._notifikasi_aktivasi_akun_berhasil.jpg |}}+{{ :​gambar_5._notifikasi_aktivasi_akun_berhasil.jpg?​nolink&​800 ​|}}
  
-F. Klik "​Login"​ di notifikasi untuk kembali ke halaman login dan silahkan Login menggunakan **NIK/Email yang didaftarkan** dan **Password** yang anda dapatkan di email Aktivasi Akun.+F. Klik "​Login"​ di notifikasi untuk kembali ke halaman login dan silahkan ​//Login// menggunakan **NIK/Email yang didaftarkan** dan **Password** yang anda dapatkan di //email// Aktivasi Akun.
  
  
Baris 36: Baris 37:
 ==== 2. Kirim Ulang Aktivasi Email ==== ==== 2. Kirim Ulang Aktivasi Email ====
  
-A. Jika anda belum menerima **Email Aktivasi Akun**, Klik link “ **di sini** “ pada halaman Login seperti gambar di bawah ini: +A. Jika anda belum menerima **//Email// Aktivasi Akun**, Klik //link// “ **di sini** “ pada halaman ​//Login// seperti gambar di bawah ini: 
-{{ :​gambar_6._belum_terima_email_aktivasi_akun..jpg |}}+{{ :​gambar_6._belum_terima_email_aktivasi_akun..jpg?​nolink&​800 ​|}}
  
-B. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman Kirim Ulang Email Aktivasi seperti gambar di bawah ini: +B. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman Kirim Ulang //Email// Aktivasi seperti gambar di bawah ini: 
-{{ :​gambar_7._kirim_ulang_email_aktivasi_akun..png |}}+{{ :​gambar_7._kirim_ulang_email_aktivasi_akun..png?​nolink&​800 ​|}}
  
 Keterangan: Keterangan:
-  *1. Masukkan NIK anda. +  *1. Masukkan ​**NIK** anda. 
-  *2. Masukkan Email yang telah anda daftarkan sebelumnya.+  *2. Masukkan ​//**Email**// yang telah anda daftarkan sebelumnya.
   *3. Klik  Jika sudah selesai.   *3. Klik  Jika sudah selesai.
  
-C. Selanjutnya silahkan cek kembali **Email** anda seperti pada nomor **1** Point **D**.+C. Selanjutnya silahkan cek kembali **//Email//** anda seperti pada nomor **1** Point **D**
 + 
 +==== 3. Login Akun ==== 
 + 
 +A. Untuk Melakukan //Login// silahkan isi form seperti gambar di bawah ini: 
 +{{ :​gambar_8._login_akun.jpg?​nolink&​800 |}} 
 +Keterangan:​ 
 +  *1. Masukkan **NIK///​Email//​** anda. 
 +  *2. Masukkan **//​Password//​** yang sudah anda dapatkan dari **//Email// Aktivasi Akun**. 
 +  *3. Kemudian Klik "​**Masuk**"​. 
 + 
 +B. Jika //Login// berhasil anda akan diarahkan menuju halaman //​Dashboard//​ aplikasi Apostille seperti yang terlihat pada gambar berikut: 
 +{{ :​gambar_9._halaman_dashboard.jpg?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +Keterangan:​ 
 +  *1. Pengumuman Feature 
 +  *2. Pengumuman Transaksi 
 +  *3. Membuat Permohonan 
 +  *4. Daftar Permohonan 
 +  *5. Panduan Lengkap Permohonan Legalisasi & Apostille 
 + 
 +==== 4. Membuat Permohonan ==== 
 + 
 +**1) Permohonan Legalisasi** 
 + 
 +A. Untuk membuat permohonan Legalisasi, klik menu “**Buat Permohonan**” pada halaman //​Dashboard//​ seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut: 
 +{{ :​gambar_10._buat_permohonan.jpg?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +B. Akan diarahkan ke halaman buat permohonan, ​ seperti yang terlihat pada gambar berikut: 
 +{{ :​gambar_11._halaman_buat_permohonan.jpg?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +Keterangan:​ 
 +  *1. Pilih dokumen yang dilegalisasi. 
 +  *2. Masukan negara tujuan legalisasi. 
 + 
 +C. Pilih dokumen yang dilegalisasi dan Negara tujuan legalisasi. Sebagai contoh case ini, dokumen yang dilegalisasi adalah “Dokumen Pendidikan” dan Negara tujuan legalisasi adalah “Malaysia”. Akan muncul ​ secara otomatis jenis layanan berdasarkan dokumen dan tujuan negara yang dilegalisasi. Selanjutnya pilih jenis layanan “Legalisasi”. 
 +{{ :​gambar_12._contoh_permohonan.jpg?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +D. Selanjutnya anda akan diminta untuk mengisi form yang bisa dilihat seperti gambar di bawah: 
 +{{ :​gambar_13._form_pengisian_data_pemohon_dan_data_dokumen.jpg?​nolink&​800 |}} 
 +{{ :​gambar_14._form_pengisian_data_pejabat.jpg?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +Keterangan:​ 
 +  *● Data Pemohon 
 +  *1. Pilih data **diri sendiri /  orang lain**. (Wajib diisi) 
 +  *2. Masukkan **Nama lengkap**. (Wajib diisi) 
 +  *3. Masukkan **//​Email//​**. (Wajib diisi) 
 +  *4. Masukkan **Nomor Hp**. (Wajib diisi) 
 +  *5. Masukkan **Jenis kelamin**. (Wajib diisi) 
 +  *6. Masukkan **Negara tempat tinggal**. (Wajib diisi) 
 +  *7. Masukkan **Alamat**. (Wajib diisi) 
 +  *8. Upload **Identitas pemohon**. “ File pdf, jpeg,png Max 5MB” ​  ​(Wajib diisi)  
 +  *9. Centang ( ✔ ) **untuk Menyimpan** data agar dapat digunakan untuk membuat permohonan selanjutnya. (Wajib diisi) 
 +  *10. Masukkan **Nomor identitas**. (Wajib diisi) 
 +  *11. Masukkan **Tempat lahir**. (Wajib diisi) 
 +  *12. Masukkan **Tanggal lahir**. ​ (Wajib diisi) 
 +  *● Data Dokumen 
 +  *1. Masukkan **Jenis dokumen**. (Wajib diisi) 
 +  *2. Masukkan **Nomor dokumen**. (Wajib diisi) 
 +  *3. Masukkan **Nama dokumen**. (Wajib diisi) 
 +  *4. Masukkan **Nama yang tertera di dokumen**. (Wajib diisi) 
 +  *5. Masukkan **Jumlah Dokumen (Stiker yang akan dicetak)**. (Wajib diisi) 
 +  *6. Masukkan **Tanggal Dokumen**. (Wajib diisi) 
 +  *7. **//​Upload//​ Dokumen**. “ File pdf, jpeg,png Max 5MB” ​  ​(Wajib diisi) 
 +  *● Data Pejabat 
 +  *1. Masukkan **Nama pejabat publik (pilih dari dropdown sistem)**. (Wajib diisi) 
 +  *2. Masukkan **Jabatan (pilih dari dropdown sistem)**. (Wajib diisi) 
 +  *3. Masukkan **Instansi penerbit dokumen**. (Wajib diisi) 
 +  *4. Pilih **Lokasi Tempat cetak stiker**. (Wajib diisi) 
 + 
 +E. Pada gambar 15 dan petunjuk nomor 1, jika anda memilih data Orang lain, maka akan muncul tambahan form seperti gambar berikut: 
 +{{ :​gambar_15._tambahan_form..png?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +Keterangan:​ 
 +  *1. //​Download//​ **Template surat kuasa**. 
 +  *2. Masukkan **Nama penerima kuasa**. (Wajib diisi) 
 +  *3. Masukkan **Nomor identitas penerima kuasa**. (Wajib diisi) 
 +  *4. //Upload// **Surat kuasa**. “ File pdf, jpeg,png Max 5MB” ​  ​(Wajib di-upload)  
 +  *5. //Upload// **Identitas penerima kuasa**. “ File pdf, jpeg,png Max 5MB” ​  ​(Wajib di-upload)  
 + 
 +F. Setelah mengisi semua form klik "​Tambah Permohonan"​ untuk dimasukkan ke dalam list. Anda juga bisa menambahkan lebih dari satu jenis permohonan pembuatan dokumen yang bisa dilihat pada point D. 
 +{{ :​gambar_16._tambah_dokumen.jpg?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +G. klik "​Simpan dan Lanjutkan"​ untuk melanjutkan ke tahap yang berikutnya. 
 + 
 +H. Step selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman //​preview//​. Pastikan kembali data anda sebelum melakukan submit. 
 +{{ :​gambar_17._preview_dokumen_part_1.png?​nolink&​800 |}} 
 +{{ :​gambar_18._preview_dokumen_part_2.png?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +I. Klik "​Submit Permohonan"​ jika anda sudah yakin. 
 + 
 +J. Akan muncul popup konfirmasi, kemudian klik "Ya, Submit"​ 
 +{{ :​gambar_19._popup_konfirmasi.png?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +K. Selanjutnya permohonan anda akan masuk ke daftar permohonan Apostille dan masuk kedalam tahap verifikasi yang akan diverifikasi oleh pihak verifikator seperti gambar di bawah ini: 
 +{{ :​gambar_20._daftar_permohonan.png?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +**2) Permohonan Ditolak** 
 + 
 +A. Setelah menunggu proses verifikasi, jika permohonan anda ditolak oleh Verifikator,​ **Status Permohonan** anda akan tertulis **“Permohonan ditolak”** seperti yang bisa dilihat pada gambar dibawah ini: 
 +{{ :​gambar_21._permohonan_ditolak.png?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +**3) Menunggu Spesimen Terbaru** 
 + 
 +A. Pada saat proses Verifikasi jika data pejabat dalam sertifikat anda tidak ada dalam database aplikasi Apostille **Status Permohonan** anda akan tertulis **“Menunggu Spesimen terbaru”** seperti yang terlihat pada gambar berikut: 
 +{{ :​gambar_22._menunggu_spesimen_terbaru.png?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +B. Untuk melanjutkan proses verifikasinya anda akan diminta untuk meng-//​upload//​ **“Surat Pengantar Spesimen TTD”** yang formatnya bisa anda //​download//​ seperti yang dapat dilihat pada gambar berikut: 
 +{{ :​gambar_23._download_format_surat_pengantar_spesimen_ttd.png?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +C. Kemudian untuk meng-//​upload//​ surat pengantar spesimen klik “**//​Update//​**” ​ seperti yang dapat dilihat pada gambar berikut: 
 +{{ :​gambar_24._update_spesimen.png?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +D. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman Buat permohonan kemudian scroll ke bagian bawah dan isi form yang dibutuhkan kemudian //Upload // surat pengantar spesimen seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut: 
 +{{ :​gambar_25._form_permohonan.png?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +Keterangan:​ 
 +  *1. Masukkan **NIP** Pejabat. 
 +  *2. Masukkan T**ahun Jabatan**. 
 +  *3. Masukkan **Alamat**. 
 +  *4. Masukkan **Kecamatan**. 
 +  *5. Masukkan **Keterangan**. 
 +  *6. //​**Upload**//​ Surat Pengantar Spesimen. 
 +  *7. Klik "​Simpan dan Lanjutkan"​ untuk melanjutkan proses Verifikasi. 
 + 
 +**4) Permohonan ​ Selesai** 
 + 
 +A. Setelah menunggu proses verifikasi, jika permohonan anda diterima oleh Verifikator, ​ **Status Permohonan** anda akan tertulis “**Selesai**” seperti yang bisa dilihat pada gambar dibawah ini: 
 +{{ :​gambar_26._permohonan_selesai.jpg?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +B. Kemudian anda akan diminta untuk mendownload //voucher// dengan cara klik **//​“Download Voucher”//​** seperti yang dapat dilihat pada gamabr berikut: 
 +{{ :​gambar_27._download_voucher.png?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +C. Berikut adalah contoh //voucher// yang bisa dilihat pada gambar di bawah ini: 
 +{{ :​gambar_28._contoh_voucher.jpg?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +D. Selanjutnya anda akan diminta untuk membayarnya dengan membawa //voucher// tersebut ke bank sesuai dengan tagihan. 
 + 
 +E. Setelah membayar tagihan tersebut anda bisa melihat status transaksi anda dengan cara klik **“Detail Transaksi”** seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut: 
 +{{ :​gambar_29._detail_transaksi.png?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +F. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman detail Transaksi seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut: 
 +{{ :​gambar_30._halaman_detail_transaksi.png?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +G. Jika pembayaran berhasil Status pembayaran akan tertulis **“Sudah dibayar”** dan berwarna hijau. 
 + 
 +H. Jika pembayaran sudah berhasil, silahkan datang ke Tempat Cetak Stiker yang dipilih untuk mencetak Stiker Legalisasi. 
 + 
 +I. Berikut adalah contoh Stiker yang bisa dilihat pada  gambar dibawah ini: 
 +{{ :​gambar_31._contoh_sertifikat_apostille.png?​nolink&​800 |}} 
 + 
 + 
 +**5. Lupa //​Password//​ Akun** 
 + 
 +A. Apabila anda mengalami kendala lupa //​password//​ silahkan klik link “ Lupa Kata Sandi?” seperti gambar di bawah ini: 
 +{{ :​gambar_32._lupa_password.jpg?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +B. Kemudian Anda akan dibawa ke halaman **Reset //​Password//​** seperti gambar berikut: 
 +{{ :​gambar_33._halaman_reset_password.png?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +Keterangan:​ 
 +  *1. Masukkan **//​Email//​** yang telah terdaftar. 
 +  *2. Kemudian Klik "​Kirim"​ 
 + 
 +C. Jika reset //​password//​ berhasil akan muncul notifikasi seperti gambar berikut: 
 +{{ :​gambar_34._notifikasi_reset_password_berhasil.png?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +D. Cek //​**Email**//​ anda untuk mendapatkan **//​Password//​** yang baru seperti gambar dibawah ini: 
 +{{ :​gambar_35._email_reset_password.png?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +**6. Simulasi Permohonan** 
 + 
 +A. Klik "​Pelajari Lebih Lanjut"​ untuk mengecek ketersediaan layanan permohonan berdasarkan jenis dokumen dan negara tujuan legalisasi. 
 +{{ :​gambar_36._simulasi_permohonan.jpg?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +B. Kemudian anda akan diarahkan menuju halaman **Simulasi permohonan** seperti gambar berikut: 
 +{{ :​gambar_37._halaman_simulasi_permohonan.png?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +Keterangan:​ 
 +  *1. Pilih dokumen yang dilegalisasi. 
 +  *2. Masukan Negara tujuan legalisasi. 
 +  *3. Klik "Cek Ketersediaan Layanan"​ untuk mendapatkan hasilnya. 
 + 
 +**7. Pengumuman & FAQ** 
 + 
 +1) Melihat Pengumuman 
 + 
 +A. Melihat pengumuman terkini bisa dilihat dengan cara klik Menu “**Berita**” kemudian pilih “**Pengumuman**“ ​ seperti yang terlihat pada gambar berikut: 
 +{{ :​gambar_38._pengumuman.png?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +B. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman pengumuman dan bisa melihat pengumuman terkini seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut: 
 +{{ :​gambar_39._list_pengumuman.png?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +2) Melihat daftar FAQ 
 + 
 +A. Klik “**Berita**” kemudian pilih “**FAQ**” untuk melihat daftar FAQ yang ada id aplikasi Apostille seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut: 
 +{{ :​gambar_40._faq.png?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +B. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman FAQ seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut: 
 +{{ :​gambar_41._daftar_faq.png?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +8. Verifikasi Sertifikat 
 +A. Untuk melakukan verifikasi Sertifikat Klik menu “ Apostille-Verifikasi” seperti yang dapat dilihat pada gambar berikut: 
 +{{ :​gambar_42._verifikasi_sertifikat.png?​nolink&​800 |}} 
 + 
 +Keterangan:​ 
 +  *1. Masukkan **Nomor Sertifikat** anda. 
 +  *2. Masukkan **Tanggal diterbitkan**. 
 +  *3. Klik "​Verifikasi Sertifikat"​ untuk memproses hasilnya.
  
-==== Panduan dalam proses update ==== 
  
  
permohonan_legalisasi.txt · Terakhir diubah: 2024/04/19 04:11 (Perubahan eksternal)