Alat Pengguna

Alat Situs


panduan_firma

Perbedaan

Ini menunjukkan perbedaan antara versi yang terpilih dengan versi yang sedang aktif.

Tautan ke tampilan pembanding ini

Both sides previous revision Revisi sebelumnya
Revisi selanjutnya Both sides next revision
panduan_firma [2023/02/08 04:31]
superadmin
panduan_firma [2023/02/08 08:42]
superadmin
Baris 9: Baris 9:
  
 B. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman Registrasi seperti gambar di bawah ini: B. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman Registrasi seperti gambar di bawah ini:
 +{{ :​gambar_2._halaman_registrasi_a.png?​nolink&​800 |}}
  
 +Keterangan:
 +  *1. Masukkan **NIK** sesuai KTP. (Wajib diisi)
 +  *2. Masukkan **Nama Lengkap**. (Wajib diisi) ​
 +  *3. Masukkan **//​Email//​** yang valid. (Wajib diisi)
 +  *4. Masukkan **Konfirmasi //​Email//​**. (Wajib diisi)
 +  *5. Masukkan **Nomor Handphone**. (Wajib diisi)
 +  *6. Klik "​Daftar Sekarang"​ jika sudah selesai. ​
  
 +C. Akan muncul notifikasi apabila registrasi sudah berhasil seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:
 +{{ :​gambar_3._notifikasi_registrasi_berhasil_a.jpg?​nolink&​800 |}}
  
 +D. Kemudian cek **//​Email//​** yang telah anda daftarkan sebelumnya. Anda akan mendapatkan **//Email// Aktivasi akun** yang berisi **NIK** anda dan **//​Password//​ Sementara** yang dapat digunakan untuk //Login// dan klik "​Aktivasi Akun" atau gunakan //link// URL untuk melakukan aktivasi akun:
 +{{ :​gambar_4._aktivasi_akun_a.jpg?​nolink&​800 |}}
  
 +E. Apabila Aktivasi Akun berhasil, maka akan muncul notifikasi seperti gambar berikut ini:
 +{{ :​gambar_5._notifikasi_aktivasi_akun_berhasil_a.jpg?​nolink&​800 |}}
  
 +F. Klik "​Login"​ di notifikasi untuk kembali ke halaman login dan silahkan //Login// menggunakan **NIK///​Email//​ yang didaftarkan** dan **Password** yang anda dapatkan di //email// Aktivasi Akun.
  
  
 +==== 2. Kirim Ulang Aktivasi Email ====
  
 +A. Jika anda belum menerima **//Email// Aktivasi Akun**, Klik link “ di sini “ pada halaman //Login// seperti gambar di bawah ini:
 +{{ :​gambar_6._belum_terima_email_aktivasi_akun_a..jpg?​nolink&​800 |}}
  
 +B. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman Kirim Ulang //Email// Aktivasi seperti gambar di bawah ini:
 +{{ :​gambar_7._kirim_ulang_email_aktivasi_akun_a..png?​nolink&​800 |}}
  
 +Keterangan:
 +  *1. Masukkan **NIK** anda.
 +  *2. Masukkan **//​Email//​** yang telah anda daftarkan sebelumnya.
 +  *3. Klik "​Kirim"​ Jika sudah selesai.
  
 +C. Selanjutnya silahkan cek kembali **//​Email//​** anda seperti pada nomor **1** Point **D**.
  
  
 +==== 3. Login Akun ====
  
 +A. Untuk Melakukan //Login// silahkan isi form seperti gambar di bawah ini:
 +{{ :​gambar_8._login_akun_a.jpg?​nolink&​800 |}}
 +
 +Keterangan:
 +  *1. Masukkan **NIK///​Email//​** anda.
 +  *2. Masukkan **//​Password//​** yang sudah anda dapatkan dari **//Email// Aktivasi Akun**.
 +  *3. Kemudian Klik "​Masuk"​.
 +
 +B. Jika //Login// berhasil anda akan diarahkan menuju halaman //​Dashboard//​ aplikasi Apostille seperti yang terlihat pada gambar berikut:
 +{{ :​gambar_9._halaman_dashboard_a.jpg?​nolink&​800 |}}
 +
 +Keterangan:
 +  *1. Pengumuman Feature
 +  *2. Pengumuman Transaksi
 +  *3. Membuat Permohonan
 +  *4. Daftar Permohonan
 +  *5. Panduan Lengkap Permohonan Legalisasi & Apostille
 +
 +
 +==== 4. Membuat Permohonan ====
 +
 +
 +1) Permohonan Apostille
 +
 +
 +A. Untuk membuat permohonan Apostille, klik menu “**Buat Permohonan**” pada halaman //​Dashboard//​ seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut:
 +{{ :​gambar_10._buat_permohonan_a.jpg?​nolink&​800 |}}
 +
 +B. Akan diarahkan ke halaman buat permohonan, ​ seperti yang terlihat pada gambar berikut:
 +{{ :​gambar_11._halaman_buat_permohonan_a.png?​nolink&​800 |}}
 +
 +Keterangan:
 +  *1. Pilih dokumen yang dilegalisasi.
 +  *2. Masukan negara tujuan legalisasi.
 +
 +C. Pilih dokumen yang dilegalisasi dan Negara tujuan legalisasi yang memiliki layanan Apostille. Sebagai contoh case ini, dokumen yang dilegalisasi adalah “Dokumen Pendidikan” dan Negara tujuan legalisasi adalah “United Kingdom”. Akan muncul ​ secara otomatis jenis layanan berdasarkan dokumen dan tujuan negara yang dilegalisasi. Selanjutnya pilih jenis layanan “Apostille”.
 +{{ :​gambar_12._contoh_permohonan_a.jpg?​nolink&​800 |}}
 +
 +D. Selanjutnya anda akan diminta untuk mengisi form yang bisa dilihat seperti gambar di bawah:
 +{{ :​gambar_13._form_pengisian_data_pemohon_dan_data_dokumen_a.jpg?​nolink&​800 |}}
 +{{ :​gambar_14._form_pengisian_data_pejabat_a.jpg?​nolink&​800 |}}
 +
 +Keterangan:
 +  *● Data Pemohon
 +  *1. Pilih data **diri sendiri /  orang lain**. (Wajib diisi)
 +  *2. Masukkan **Nama lengkap**. (Wajib diisi)
 +  *3. Masukkan **//​Email//​**. (Wajib diisi)
 +  *4. Masukkan **Nomor Hp**. (Wajib diisi)
 +  *5. Masukkan **Jenis kelamin**. (Wajib diisi)
 +  *6. Masukkan **Negara tempat tinggal**. (Wajib diisi)
 +  *7. Masukkan **Alamat**. (Wajib diisi)
 +  *8. Upload **Identitas pemohon**. “ File pdf, jpeg,png Max 5MB” ​  ​(Wajib diisi) ​
 +  *9. Centang ( ✔ ) untuk **Menyimpan data** agar dapat digunakan untuk membuat permohonan selanjutnya. (Wajib diisi)
 +  *10. Masukkan **Nomor identitas**. (Wajib diisi)
 +  *11. Masukkan **Tempat lahir**. (Wajib diisi)
 +  *12. Masukkan **Tanggal lahir**. ​ (Wajib diisi)
 +  *● Data Dokumen
 +  *1. Masukkan **Jenis dokumen**. (Wajib diisi)
 +  *2. Masukkan **Nomor dokumen**. (Wajib diisi)
 +  *3. Masukkan **Nama dokumen**. (Wajib diisi)
 +  *4. Masukkan **Nama yang tertera di dokumen**. (Wajib diisi)
 +  *5. Masukkan **Jumlah Dokumen (Sertifikat yang akan dicetak)**. (Wajib diisi)
 +  *6. Masukkan **Tanggal Dokumen**. (Wajib diisi)
 +  *7. **//​Upload//​ Dokumen**. “ File pdf, jpeg,png Max 5MB” ​  ​(Wajib diisi)
 +  *● Data Pejabat
 +  *1. Masukkan **Nama pejabat publik (pilih dari //​dropdown//​ sistem)**. (Wajib diisi)
 +  *2. Masukkan **Jabatan (pilih dari //​dropdown//​ sistem)**. (Wajib diisi)
 +  *3. Masukkan **Instansi penerbit dokumen**. (Wajib diisi)
 +  *4. Pilih **Lokasi Tempat cetak sertifikat**. (Wajib diisi)
 +
 +E. Pada gambar 15 dan petunjuk nomor 1, jika anda memilih data **Orang lain**, maka akan muncul tambahan form seperti gambar berikut:
 +{{ :​gambar_15._tambahan_form_a..png?​nolink&​800 |}}
 +
 +Keterangan:
 +  *1. Download **Template surat kuasa**.
 +  *2. Masukkan **Nama penerima kuasa**. (Wajib diisi)
 +  *3. Masukkan **Nomor identitas penerima kuasa**. (Wajib diisi)
 +  *4. //Upload// **Surat kuasa**. “ File pdf, jpeg,png Max 5MB” ​  ​(Wajib di-upload) ​
 +  *5. //Upload// **//​Identitas penerima kuasa//**. “ File pdf, jpeg,png Max 5MB” ​  ​(Wajib di-upload) ​
 +
 +F. Setelah mengisi semua form klik "+ Tambah Permohonan"​ untuk dimasukkan ke dalam list. Anda juga bisa menambahkan lebih dari satu jenis permohonan pembuatan dokumen yang bisa dilihat pada point D.
 +{{ :​gambar_16._tambah_dokumen_a.jpg?​nolink&​800 |}}
 +
 +G. klik " -> Simpan dan Lanjutan"​ untuk melanjutkan ke tahap yang berikutnya.
 +
 +H. Step selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman //​preview//​. Pastikan kembali data anda sebelum melakukan submit.
 +{{ :​gambar_17._preview_dokumen_part_1_a.png?​nolink&​800 |}}
 +{{ :​gambar_18._preview_dokumen_part_2_a.png?​nolink&​800 |}}
 +
 +I. Klik "​Submit Permohonan"​ jika anda sudah yakin.
 +
 +J. Akan muncul popup konfirmasi, kemudian klik "Ya, Submit"​
 +{{ :​gambar_19._popup_konfirmasi_a.png?​nolink&​800 |}}
 +
 +K. Selanjutnya permohonan anda akan masuk ke daftar permohonan Apostille dan masuk kedalam tahap verifikasi yang akan diverifikasi oleh pihak verifikator seperti gambar di bawah ini:
 +{{ :​gambar_20._daftar_permohonan_a.png?​nolink&​800 |}}
 +
 +
 +2) Permohonan Ditolak
 +
 +A. Setelah menunggu proses verifikasi, jika permohonan anda ditolak oleh Verifikator,​ ** Status Permohonan** anda akan tertulis “**Permohonan ditolak**” seperti yang bisa dilihat pada gambar dibawah ini:
 +{{ :​gambar_21._permohonan_ditolak_a.png?​nolink&​800 |}}
 +
 +
 +3) Menunggu Spesimen Terbaru
 +
 +A. Pada saat proses Verifikasi jika data pejabat dalam sertifikat anda tidak ada dalam database aplikasi Apostille **Status Permohonan** anda akan tertulis “**Menunggu Spesimen terbaru**” seperti yang terlihat pada gambar berikut:
 +{{ :​gambar_22._menunggu_spesimen_terbaru_a.png?​nolink&​800 |}}
 +
 +B. Untuk melanjutkan proses verifikasinya anda akan diminta untuk meng-//​upload//​ “**Surat Pengantar Spesimen TTD**” yang formatnya bisa anda download seperti yang dapat dilihat pada gambar berikut:
 +{{ :​gambar_23._download_format_surat_pengantar_spesimen_ttd_a.png?​nolink&​800 |}}
 +
 +C. Kemudian untuk meng-upload surat pengantar spesimen klik “//​**Update**//​” ​ seperti yang dapat dilihat pada gambar berikut:
 +{{ :​gambar_24._update_spesimen_a.png?​nolink&​800 |}}
 +
 +D. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman Buat permohonan kemudian scroll ke bagian bawah dan isi form yang dibutuhkan kemudian //Upload // surat pengantar spesimen seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut:
 +{{ :​gambar_25._form_permohonan_a.png?​nolink&​800 |}}
 +
 +Keterangan:
 +  *1. Masukkan **NIP** Pejabat.
 +  *2. Masukkan **Tahun Jabatan**.
 +  *3. Masukkan **Alamat**.
 +  *4. Masukkan **Kecamatan**.
 +  *5. Masukkan **Keterangan**.
 +  *6. **//​Upload//​** Surat Pengantar Spesimen.
 +  *7. Klik "-> Simpan dan Lanjutkan"​ untuk melanjutkan proses Verifikasi.
 +
 +
 +4) Permohonan ​ Selesai
 +
 +A. Setelah menunggu proses verifikasi, jika permohonan anda diterima oleh Verifikator, ​ **Status Permohonan** anda akan tertulis “**Selesai**” seperti yang bisa dilihat pada gambar dibawah ini:
 +{{ :​gambar_26._permohonan_selesai_a.png?​nolink&​800 |}}
  
panduan_firma.txt · Terakhir diubah: 2024/04/19 04:10 (Perubahan eksternal)