Untuk masuk kedalam Aplikasi Fidusia Online cukup dengan mengklik alamat URL http://fidusia.ahu.go.id pada browser. Kemudian akan muncul tampilan, sebagai berikut
Untuk melakukan Penghapusan Jaminan Fidusia Onlie, Notaris harus memiliki user ID dan password aplikasi fidusia online. Berikut langkah-langkah Penghapusan jaminan fidusia online
Ada 2 kategori form penghapusan jaminan fidusia, yaitu:
Isi form ini jika pendaftaran jaminan fidusia dilakukan secara online.
Isi form ini jika pendaftaran jaminan fidusia dilakukan secara offline atau manual.
1. Pilih “Jenis Penghapusan” Jaminan fidusia yang akan dilakukan.
2. Data baru
Masukkan “Nomor Sertifikat Pendaftaran” ketika mendaftarkan jaminan fidusia.
Masukkan “Tanggal Sertifikat Fidusia” ketika mendaftarkan jaminan fidusia.
Masukkan “Nama Notaris” yang melakukan proses Pendaftaran.
Masukkan “Kedudukan Notaris” yang melakukan proses pendaftaran.
Klik
untuk mulai memproses data yang akan dirubah.
3. Data Lama
Masukkan “Nomor Sertifikat Pendaftaran” ketika mendaftarkan jaminan fidusia.
Masukkan “Tanggal Sertifikat Fidusia” ketika mendaftarkan jaminan fidusia.
Masukkan “Waktu Sertifikat Pendaftaran” yang berupa jam, mennit dan detik ketika mendaftarkan jaminan fidusia.
Masukkan “Nama Notaris” yang melakukan proses Pendaftaran.
Masukkan “Kedudukan Notaris” yang melakukan proses pendaftaran.
Klik tombol
untuk mulai memproses data yang akan dirubah.
Setelah data sesuai dan ditemukan maka akan muncul form isia roya data baru seperti gambar berikut:
1. Masukkan “Tanggal Penghapusan”Jaminan fidusia yang akan dilakukan.
2. Klik untuk melakukan pratinjau sebelum melakukan penghapusan. Klik untuk mulai memproses data yang akan dihapus.
Setelah data sesuai dan ditemukan maka akan muncul form isia roya data lama seperti gambar berikut:
Form Isian Roya Data Lama terdiri dari:
1. Informasi Sertifikat Jaminan Fidusia yang Ingin Dihapus
Nomor Serifikat
Tanggal Sertifikat
2. Identitas Pemberi Fidusia, terdiri dari 2 jenis pemberi yaitu perusahaan dan perorangan sebagai berikut:
Masukkan “Nama Pemberi” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “NPWP/No SK” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “No. Telepon” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “Alamat” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “Kode Pos Provinsi” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “Kabupaten/Kota” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “Kecamatan” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “Kelurahan” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “RT” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “RW” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “Nama Pemberi” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “NPWP/NIK” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “No. Telepon” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “Alamat” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “Kode Pos Provinsi” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “Kabupaten/Kota” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “Kecamatan” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “Kelurahan” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “RT” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “RW” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
3. Identitas Penerima Fidusia, terdiri dari 2 jenis penerima yaitu perusahaan dan perorangan sebagai berikut:
Masukkan “Nama Penerima” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “NPWP/No SK” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “No. Telepon” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “Alamat” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “Kode Pos Provinsi” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “Kabupaten/Kota” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “Kecamatan” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “Kelurahan” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “RT” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “RW” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “Nama Penerima” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “NPWP/NIK” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “No. Telepon” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “Alamat” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “Kode Pos Provinsi” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “Kabupaten/Kota” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “Kecamatan” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “Kelurahan” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “RT” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “RW” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
4. Rincian Nilai Jaminan Fidusia
5. Akta Notaris Jaminan Fidusia
Masukkan “Nomor Akta” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “Tanggal Akta” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “Nama Notaris” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
Masukkan “Kedudukan Notaris” ketika mendaftarkan jaminan fidusia
6. Penghapusan Karena Pelunasan
7. Peringatan
8. Klik tombol untuk melihat Surat Keterangan. Klik tombol untuk memproses data dan melakukan pembatalan, maka akan muncul notif konfirmasi sebegai berikut:
Klik tombol untuk kembali pada halaman sebelumnya, klik tombol untuk melanjutkan proses dan ketika tombol OK di klik maka akan muncul notif:
Klik untuk melanjutkan, maka akan muncul halaman berikut:
Klik tombol untuk menyetak Surat Keputusan Penghapusan