Alat Pengguna

Alat Situs


permohonan_legalisasi

Perbedaan

Ini menunjukkan perbedaan antara versi yang terpilih dengan versi yang sedang aktif.

Tautan ke tampilan pembanding ini

Both sides previous revision Revisi sebelumnya
Revisi selanjutnya
Revisi sebelumnya
permohonan_legalisasi [2018/07/24 06:09]
superadmin
permohonan_legalisasi [2023/02/08 03:39]
superadmin
Baris 1: Baris 1:
  
  
-====== ​PERMOHONAN LEGALISASI ELEKTRONIK ​====== +===== Panduan Pengguna Aplikasi AHU Legalisasi - Apostille Untuk Permohonan Legalisasi ​=====
- +
- +
-===== REGISTRASI LEGALISASI ===== +
  
 ==== 1. Registrasi Akun ==== ==== 1. Registrasi Akun ====
  
-Untuk masuk ke Aplikasi Legalisasi, pemohon terlebih dahulu masuk ke halaman Website, yaitu http://legalisasi.ahu.go.id/​. Berikut tampilan halaman awal Aplikasi Legalisasi untuk AHU. Pilih Menu legalisasi untuk memulai seperti pada gambar dibawah ini. +Untuk masuk ke Aplikasi ​AHU Legalisasi ​- Apostille, pemohon terlebih dahulu masuk ke "​**Daftar**" ​halaman Website, yaitu https://apostille.ahu.go.id/ . Berikut tampilan halaman awal Aplikasi ​AHU Legalisasi ​- Apostille ​untuk AHU.
- +
-{{ :​gambar_1.png?​1000 |}} +
- +
-Pada halaman awal Aplikasi Legalisasi Elektronik ini tampil dengan 2 pilihan, yaitu: +
-  * Pemohon +
-  * Internal AHU +
- +
-Untuk melakukan permohonan, pemohon dapat memilih icon menu **Pemohon**,​ maka akan tampil halaman seperti gambar berikut. +
- +
-{{ ::​halaman_awal_aplikasi_alegtron2.png |}} +
- +
-Pada halaman Pemohon terdapat 2 pilihan, antara lain: +
-  * Registrasi +
-  * Login +
- +
-A. Untuk dapat melakukan Permohonan Legalisasi, harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan memilih icon menu **Registrasi**. +
- +
-B. Setelah klik icon menu **Registrasi**,​ lakukan registrasi dengan mengisi //form// seperti gambar berikut. +
- +
-{{ :​registrasi_legalisasi.png?​1000 |}} +
- +
-C. Form Registrasi Legalisasi terdiri dari: +
-  * Nama Lengkap : Masukkan Nama Lengkap (wajib isi). +
-  * Jenis Kelamin : Pilih Jenis Kelamin (wajib isi). +
-  * Email : Masukkan alamat //email// yang aktif untuk menerima pesan aktivasi proses registrasi (wajib isi). +
-  * Nomor Handphone : Masukkan Nomor Handphone (wajib isi). +
-  * Nomor Identitas (KTP/​SIM/​Paspor) : Masukkan Nomor Identitas (KTP/​SIM/​Paspor) (wajib isi). +
-  * //​Username//​ : Masukkan //​username//​ pemohon (wajib isi). +
-  * //​Password//​ : Masukkan //​password//​ pemohon (wajib isi). +
-  * Ulangi //​Password//​ : Masukkan ulangi //​password//​ (wajib isi). +
- +
- +
-D. Setelah mengisi //form// registrasi, klik tombol {{::​daftar_leg.png|}} maka akan menampilkan pop up seperti gambar berikut. +
- +
-{{ :​regis_berhasil.png?​1000 |}} +
- +
-E. Klik tombol {{::​saya_mengerti_leg.png|}} untuk kembali ke halaman utama, kemudian cek email yang telah didaftarkan pada saat pengisian //form// registrasi. +
- +
- +
-==== 2. Aktivasi Akun ==== +
- +
-Setelah mengisi //form// registrasi, pemohon mengecek //email// untuk mengaktifkan akun. Berikut isi dari pesan aktivasi akun pada email yang telah didaftarkan pada saat mengisi //form// registrasi : +
- +
- +
-{{ :​proses_aktivasi_akun.png?​1000 |}}+
  
 +A. Klik  untuk melakukan pendaftaran akun AHU Legalisasi - Apostille anda.
 +{{ :​gambar_1._registrasi_akun.jpg?​nolink&​800 |}}
  
-Lakukan aktivasi akun dengan mengklik tombol ​{{::​aktivasi_akun_leg.png|}} ​dan tampil halaman Pernyataan bahwa Akun pemohon telah aktif. Kemudian pemohon dapat mengklik tombol Login, seperti gambar berikut.+B. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman Registrasi seperti gambar di bawah ini: 
 +{{ :gambar_2._halaman_registrasi.png?​nolink&​800 ​|}}
  
-{{ :pernyataan_akun_telah_berhasil_aktivasi.png?1000 |}}+Keterangan: 
 +  * 1. Masukkan **NIK** sesuai KTP. (Wajib diisi) 
 +  * 2. Masukkan **Nama Lengkap**. (Wajib diisi)  
 +  * 3. Masukkan **//​Email//​** yang valid. (Wajib diisi) 
 +  * 4. Masukkan **Konfirmasi //Email//** . (Wajib diisi) 
 +  * 5. Masukkan **Nomor Handphone**. (Wajib diisi) 
 +  * 6. Klik "​**Daftar Sekarang**"​ jika sudah selesai.
  
 +C. Akan muncul notifikasi apabila registrasi sudah berhasil seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:
 +{{ :​gambar_3._notifikasi_registrasi_berhasil.jpg?​nolink&​800 |}}
  
-Klik tombol ​{{::login_leg.png|}} maka akan masuk ke halaman Login seperti gambar berikut.+D. Kemudian cek **//​Email//​** yang telah anda daftarkan sebelumnya. Anda akan mendapatkan **//Email// Aktivasi akun** yang  
 +berisi **NIK** anda dan **//​Password//​ Sementara** yang dapat digunakan untuk //Login// dan klik "​**Aktivasi Akun**"​ atau gunakan //link// URL untuk melakukan aktivasi akun: 
 +{{ :gambar_4._aktivasi_akun.jpg?​nolink&​800 ​|}}
  
 +E. Apabila Aktivasi Akun berhasil, maka akan muncul notifikasi seperti gambar berikut ini:
 +{{ :​gambar_5._notifikasi_aktivasi_akun_berhasil.jpg?​nolink&​800 |}}
  
-{{ :​login_aplikasi_legalisasi.png?1000 |}}+F. Klik "​Login"​ di notifikasi untuk kembali ke halaman login dan silahkan //Login// menggunakan **NIK/Email yang didaftarkan** dan **Password** yang anda dapatkan di //email// Aktivasi Akun.
  
  
-===== LOGIN ===== 
  
-==== 1Login Pemohon ​====+==== 2. Kirim Ulang Aktivasi Email ====
  
-Pemohon yang sudah melakukan aktivasi akun dapat membuat permohonan dengan ​//login// terlebih dahulupilih menu //login// pada halaman ​depan Aplikasi Legalisasi ​seperti gambar ​berikut ​ini.+A. Jika anda belum menerima **//Email// Aktivasi Akun**Klik //link// “ **di sini** “ pada halaman ​//​Login// ​seperti gambar ​di bawah ini
 +{{ :​gambar_6._belum_terima_email_aktivasi_akun..jpg?​nolink&​800 |}}
  
-{{ :halaman_pemohon_aplikasi_lelgalisasi.png?1000 |}}+B. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman Kirim Ulang //Email// Aktivasi seperti gambar di bawah ini: 
 +{{ :gambar_7._kirim_ulang_email_aktivasi_akun..png?nolink&​800 ​|}}
  
 +Keterangan:
 +  *1. Masukkan **NIK** anda.
 +  *2. Masukkan //​**Email**//​ yang telah anda daftarkan sebelumnya.
 +  *3. Klik  Jika sudah selesai.
  
-A. Klik icon menu **Login**, maka akan tampil halaman login Aplikasi Legalisasi ​seperti ​gambar berikut+CSelanjutnya silahkan cek kembali ​**//Email//** anda seperti ​pada nomor **1** Point **D**.
  
-{{ :​login_aplikasi_legalisasi.png?1000 |}}+==== 3Login Akun ====
  
 +A. Untuk Melakukan //Login// silahkan isi form seperti gambar di bawah ini:
 +{{ :​gambar_8._login_akun.jpg?​nolink&​800 |}}
 +Keterangan:
 +  *1. Masukkan **NIK///​Email//​** anda.
 +  *2. Masukkan **//​Password//​** yang sudah anda dapatkan dari **//Email// Aktivasi Akun**.
 +  *3. Kemudian Klik "​**Masuk**"​.
  
-B. Isi Form Login, yang terdiri dari : +B. Jika //Login// berhasil anda akan diarahkan menuju halaman ​//Dashboard// aplikasi Apostille seperti yang terlihat pada gambar berikut: 
-  * //Username// : Masukkan ​//Username// (wajib isi) +{{ :gambar_9._halaman_dashboard.jpg?​nolink&​800 |}}
-  * //​Password// ​Masukkan //​Password//​ (wajib isi) +
  
 +Keterangan:
 +  *1. Pengumuman Feature
 +  *2. Pengumuman Transaksi
 +  *3. Membuat Permohonan
 +  *4. Daftar Permohonan
 +  *5. Panduan Lengkap Permohonan Legalisasi & Apostille
  
-Klik tombol {{::​login2_leg.png|}} untuk melanjutkan ke halaman permohonan yang akan dijelaskan selanjutnya.+==== 4Membuat Permohonan ====
  
-==== 2. Ubah Password ====+**1) Permohonan Legalisasi**
  
-Bagi pemohon yang ingin mengubah Password, berikut ​akan dijelaskan langkah-langkahnya.+A. Untuk membuat permohonan Legalisasiklik menu “**Buat Permohonan**” pada halaman //​Dashboard//​ seperti yang bisa dilihat pada gambar ​berikut
 +{{ :​gambar_10._buat_permohonan.jpg?​nolink&​800 |}}
  
-A. Klik Nama Akun yang berada di pojok kanan atas seperti gambar berikut::+BAkan diarahkan ke halaman buat permohonan,  ​seperti ​yang terlihat pada gambar berikut: 
 +{{ :gambar_11._halaman_buat_permohonan.jpg?​nolink&​800 |}}
  
 +Keterangan:
 +  *1. Pilih dokumen yang dilegalisasi.
 +  *2. Masukan negara tujuan legalisasi.
  
-{{ :halaman_daftar_permohonan.png?1000 |}}+C. Pilih dokumen yang dilegalisasi dan Negara tujuan legalisasi. Sebagai contoh case ini, dokumen yang dilegalisasi adalah “Dokumen Pendidikan” dan Negara tujuan legalisasi adalah “Malaysia”. Akan muncul ​ secara otomatis jenis layanan berdasarkan dokumen dan tujuan negara yang dilegalisasi. Selanjutnya pilih jenis layanan “Legalisasi”. 
 +{{ :gambar_12._contoh_permohonan.jpg?nolink&​800 ​|}}
  
 +D. Selanjutnya anda akan diminta untuk mengisi form yang bisa dilihat seperti gambar di bawah:
 +{{ :​gambar_13._form_pengisian_data_pemohon_dan_data_dokumen.jpg?​nolink&​800 |}}
 +{{ :​gambar_14._form_pengisian_data_pejabat.jpg?​nolink&​800 |}}
  
-B. Setelah klik Nama Akunmaka akan tampil tombol ​**Ubah Password**.+Keterangan:​ 
 +  *● Data Pemohon 
 +  *1Pilih data **diri sendiri /  orang lain**. (Wajib diisi) 
 +  *2. Masukkan **Nama lengkap**. (Wajib diisi) 
 +  *3. Masukkan **//​Email//​**. (Wajib diisi) 
 +  *4. Masukkan **Nomor Hp**. (Wajib diisi) 
 +  *5. Masukkan **Jenis kelamin**. (Wajib diisi) 
 +  *6. Masukkan **Negara tempat tinggal**. (Wajib diisi) 
 +  *7. Masukkan **Alamat**. (Wajib diisi) 
 +  *8. Upload **Identitas pemohon**. “ File pdfjpeg,png Max 5MB” ​  ​(Wajib diisi)  
 +  *9. Centang ( ✔ ) **untuk Menyimpan** data agar dapat digunakan untuk membuat permohonan selanjutnya. (Wajib diisi) 
 +  *10. Masukkan **Nomor identitas**. (Wajib diisi) 
 +  *11. Masukkan **Tempat lahir**. (Wajib diisi) 
 +  *12. Masukkan **Tanggal lahir**. ​ (Wajib diisi) 
 +  *● Data Dokumen 
 +  *1. Masukkan **Jenis dokumen**. (Wajib diisi) 
 +  *2. Masukkan **Nomor dokumen**. (Wajib diisi) 
 +  *3. Masukkan **Nama dokumen**. (Wajib diisi) 
 +  *4. Masukkan **Nama yang tertera di dokumen**. (Wajib diisi) 
 +  *5. Masukkan **Jumlah Dokumen (Stiker yang akan dicetak)**. (Wajib diisi) 
 +  *6. Masukkan **Tanggal Dokumen**. (Wajib diisi) 
 +  *7. **//​Upload//​ Dokumen**. “ File pdf, jpeg,png Max 5MB” ​  ​(Wajib diisi) 
 +  *● Data Pejabat 
 +  *1. Masukkan **Nama pejabat publik (pilih dari dropdown sistem)**. (Wajib diisi) 
 +  *2. Masukkan **Jabatan (pilih dari dropdown sistem)**. (Wajib diisi) 
 +  *3. Masukkan **Instansi penerbit dokumen**. (Wajib diisi) 
 +  *4. Pilih **Lokasi Tempat cetak stiker**. (Wajib diisi)
  
-{{ :pilih_ubah_password.png?1000 |}}+E. Pada gambar 15 dan petunjuk nomor 1, jika anda memilih data Orang lain, maka akan muncul tambahan form seperti gambar berikut: 
 +{{ :gambar_15._tambahan_form..png?nolink&​800 ​|}}
  
 +Keterangan:
 +  *1. //​Download//​ **Template surat kuasa**.
 +  *2. Masukkan **Nama penerima kuasa**. (Wajib diisi)
 +  *3. Masukkan **Nomor identitas penerima kuasa**. (Wajib diisi)
 +  *4. //Upload// **Surat kuasa**. “ File pdf, jpeg,png Max 5MB” ​  ​(Wajib di-upload) ​
 +  *5. //Upload// **Identitas penerima kuasa**. “ File pdf, jpeg,png Max 5MB” ​  ​(Wajib di-upload) ​
  
-C. Klik tombol ​{{::​tombol_ubah_pass_leg.png|}} maka akan tampil halaman ubah password seperti gambar berikut.+FSetelah mengisi semua form klik "​Tambah Permohonan"​ untuk dimasukkan ke dalam list. Anda juga bisa menambahkan lebih dari satu jenis permohonan pembuatan dokumen yang bisa dilihat pada point D. 
 +{{ :gambar_16._tambah_dokumen.jpg?​nolink&​800 ​|}}
  
-{{ :​halaman_ubah_kata_sandi_password_.png?1000 |}}+G. klik "​Simpan dan Lanjutkan"​ untuk melanjutkan ke tahap yang berikutnya.
  
 +H. Step selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman //​preview//​. Pastikan kembali data anda sebelum melakukan submit.
 +{{ :​gambar_17._preview_dokumen_part_1.png?​nolink&​800 |}}
 +{{ :​gambar_18._preview_dokumen_part_2.png?​nolink&​800 |}}
  
-C. Isi form Ubah Kata Sandi (Password) yang terdiri dari: +I. Klik "​Submit Permohonan"​ jika anda sudah yakin.
-  * Old Password : Masukkan Old Password (Kata Sandi Lama atau yang sedang dipakai) +
-  * New Password : Masukkan New Password (Kata Sandi Baru yang akan diubah dan dipakai selanjutnya) +
-  * Retype Password : Masukkan Retype Password (Ulangi Kata Sandi Baru yang akan diubah dan dipakai selanjutnya) +
-  * Klik tombol {{::​tombol_ubah_pass_leg2.png|}} untuk menyimpan sandi baru.+
  
 +J. Akan muncul popup konfirmasi, kemudian klik "Ya, Submit"​
 +{{ :​gambar_19._popup_konfirmasi.png?​nolink&​800 |}}
  
-==== 3Logout ====+KSelanjutnya permohonan anda akan masuk ke daftar permohonan Apostille dan masuk kedalam tahap verifikasi yang akan diverifikasi oleh pihak verifikator seperti gambar di bawah ini: 
 +{{ :​gambar_20._daftar_permohonan.png?​nolink&​800 |}}
  
-Pemohon yang sudah selesai melakukan permohonan dapat me-logout akun dengan cara seperti berikut:+**2) Permohonan Ditolak**
  
-A. Klik Nama Akun yang berada di pojok kanan atas seperti gambar ​berikut:+A. Setelah menunggu proses verifikasi, jika permohonan anda ditolak oleh Verifikator,​ **Status Permohonan** anda akan tertulis **“Permohonan ditolak”** ​seperti ​yang bisa dilihat pada gambar ​dibawah ini: 
 +{{ :gambar_21._permohonan_ditolak.png?​nolink&​800 |}}
  
-{{ :​halaman_daftar_permohonan_1.png?​1000 |}}+**3) Menunggu Spesimen Terbaru**
  
 +A. Pada saat proses Verifikasi jika data pejabat dalam sertifikat anda tidak ada dalam database aplikasi Apostille **Status Permohonan** anda akan tertulis **“Menunggu Spesimen terbaru”** seperti yang terlihat pada gambar berikut:
 +{{ :​gambar_22._menunggu_spesimen_terbaru.png?​nolink&​800 |}}
  
-B. Setelah klik Nama Akun, maka akan tampil tombol ​**Keluar**.+B. Untuk melanjutkan proses verifikasinya anda akan diminta untuk meng-//​upload// ​**“Surat Pengantar Spesimen TTD”** yang formatnya bisa anda //​download//​ seperti yang dapat dilihat pada gambar berikut: 
 +{{ :gambar_23._download_format_surat_pengantar_spesimen_ttd.png?​nolink&​800 |}}
  
-{{ :pilih_keluar.png?1000 |}}+C. Kemudian untuk meng-//​upload//​ surat pengantar spesimen klik “**//​Update//​**” ​ seperti yang dapat dilihat pada gambar berikut: 
 +{{ :gambar_24._update_spesimen.png?nolink&​800 ​|}}
  
 +D. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman Buat permohonan kemudian scroll ke bagian bawah dan isi form yang dibutuhkan kemudian //Upload // surat pengantar spesimen seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut:
 +{{ :​gambar_25._form_permohonan.png?​nolink&​800 |}}
  
-C. Klik tombol {{::​tombol_keluar_leg.png|}} maka akan tampil ke halaman awal Aplikasi Legalisasi Elektronik.+Keterangan: 
 +  *1Masukkan **NIP** Pejabat. 
 +  *2. Masukkan T**ahun Jabatan**. 
 +  *3. Masukkan **Alamat**. 
 +  *4. Masukkan **Kecamatan**. 
 +  *5. Masukkan **Keterangan**. 
 +  *6. //​**Upload**//​ Surat Pengantar Spesimen. 
 +  *7. Klik "​Simpan dan Lanjutkan"​ untuk melanjutkan proses Verifikasi.
  
-{{ :​halaman_awal_aplikasi_alegtron.png |}}+**4) Permohonan ​ Selesai**
  
 +A. Setelah menunggu proses verifikasi, jika permohonan anda diterima oleh Verifikator, ​ **Status Permohonan** anda akan tertulis “**Selesai**” seperti yang bisa dilihat pada gambar dibawah ini:
 +{{ :​gambar_26._permohonan_selesai.jpg?​nolink&​800 |}}
  
 +B. Kemudian anda akan diminta untuk mendownload //voucher// dengan cara klik **//​“Download Voucher”//​** seperti yang dapat dilihat pada gamabr berikut:
 +{{ :​gambar_27._download_voucher.png?​nolink&​800 |}}
  
-===== PERMOHONAN LEGALISASI =====+C. Berikut adalah contoh //voucher// yang bisa dilihat pada gambar di bawah ini: 
 +{{ :​gambar_28._contoh_voucher.jpg?​nolink&​800 |}}
  
-Setelah pemohon berhasil login, maka akan masuk ke halaman Beranda seperti pada gambar berikut ini.+D. Selanjutnya anda akan diminta untuk membayarnya dengan membawa //voucher// tersebut ​ke bank sesuai dengan tagihan.
  
-{{ :beranda.png?10000 |}}+E. Setelah membayar tagihan tersebut anda bisa melihat status transaksi anda dengan cara klik **“Detail Transaksi”** seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut: 
 +{{ :gambar_29._detail_transaksi.png?nolink&​800 ​|}}
  
 +F. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman detail Transaksi seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut:
 +{{ :​gambar_30._halaman_detail_transaksi.png?​nolink&​800 |}}
  
-Pada halaman Beranda menampilkan Informasi Layanan Legalisasi dan Panduan Permohonan Legalisasi. +GJika pembayaran berhasil Status pembayaran akan tertulis ​**“Sudah dibayar”** dan berwarna hijau.
-  ​Klik tombol {{::​baca_leg.png|}} untuk menampilkan informasi selengkapnya. +
-  ​Klik link {{::​unduh_berkas_leg.png|}} untuk men-download Panduan Permohonan Legalisasi.+
  
-Untuk pemohon melakukan permohonanklik menu **Daftar Permohonan** seperti gambar berikut.+H. Jika pembayaran sudah berhasilsilahkan datang ke Tempat Cetak Stiker yang dipilih untuk mencetak Stiker Legalisasi.
  
-{{ :daftar_permohonan.png?1000 |}}+I. Berikut adalah contoh Stiker yang bisa dilihat pada  gambar dibawah ini: 
 +{{ :gambar_31._contoh_sertifikat_apostille.png?nolink&​800 ​|}}
  
  
-Kemudian tampil halaman Daftar Permohonan Legalisasi seperti gambar berikut.+**5Lupa //​Password//​ Akun**
  
-{{ :tabel_permohonan_legalisasi.png?1000 |}}+A. Apabila anda mengalami kendala lupa //​password//​ silahkan klik link “ Lupa Kata Sandi?” seperti gambar di bawah ini: 
 +{{ :gambar_32._lupa_password.jpg?nolink&​800 ​|}}
  
 +B. Kemudian Anda akan dibawa ke halaman **Reset //​Password//​** seperti gambar berikut:
 +{{ :​gambar_33._halaman_reset_password.png?​nolink&​800 |}}
  
-A. Klik tombol {{::​buat_permohonan_leg.png|}} untuk melakukan permohonan.+Keterangan: 
 +  *1Masukkan **//​Email//​** yang telah terdaftar. 
 +  *2. Kemudian Klik "​Kirim"​
  
-B. Kemudian ​akan masuk pada **Langkah 1** yaitu form pengisian **Data Pemohon** pada halaman Permohonan Legalisasi ​seperti gambar berikut.+CJika reset //​password//​ berhasil ​akan muncul notifikasi ​seperti gambar berikut
 +{{ :gambar_34._notifikasi_reset_password_berhasil.png?​nolink&​800 |}}
  
-{{ :form_data_pemohon.png?1000 |}}+D. Cek //​**Email**//​ anda untuk mendapatkan **//​Password//​** yang baru seperti gambar dibawah ini: 
 +{{ :gambar_35._email_reset_password.png?nolink&​800 ​|}}
  
-C. Isi form Data Pemohon Permohonan Legalisasi yang terdiri dari: +**6Simulasi Permohonan**
-  ​Nama Lengkap : Masukkan Nama Lengkap (wajib isi). +
-  ​Jenis Kelamin : Pilih Jenis Kelamin (wajib isi). +
-  * Tempat Lahir : Masukkan tempat lahir (wajib isi) +
-  * Tanggal Lahir : Pilih Tahun, Bulan dan Tanggal Lahir (wajib isi) +
-  * Email : Masukkan alamat //email// (wajib isi). +
-  * Nomor Identitas (KTP/​SIM/​Paspor) : Masukkan Nomor Identitas (KTP/​SIM/​Paspor) (wajib isi). +
-  ​Negara: Pilih Negara (wajib isi) +
-  ​Alamat Tempat Tinggal : Masukkan alamat tempat tinggal (wajib isi)+
  
-D. Klik ​tombol ​{{::​legalisasi_kembali.png?|}} ,maka akan kembali ke halaman Daftar Permohonan.+A. Klik "​Pelajari Lebih Lanjut"​ untuk mengecek ketersediaan layanan permohonan berdasarkan jenis dokumen dan negara tujuan legalisasi. 
 +{{ :gambar_36._simulasi_permohonan.jpg?nolink&​800 ​|}}
  
-E. Klik tombol {{::​berikutnya.png?​}} ,maka akan masuk pada **Langkah 2** yaitu form pengisian **Dokumen Permohonan** seperti ​pada gambar berikut:+BKemudian anda akan diarahkan menuju halaman ​**Simulasi permohonan** seperti gambar berikut: 
 +{{ :​gambar_37._halaman_simulasi_permohonan.png?​nolink&​800 |}}
  
-{{ :form_dokumen_permohonan.png?1000 |}}+Keterangan: 
 +  *1. Pilih dokumen yang dilegalisasi. 
 +  *2. Masukan Negara tujuan legalisasi. 
 +  *3. Klik "Cek Ketersediaan Layanan"​ untuk mendapatkan hasilnya.
  
-F. Isi form Dokumen Permohonan Permohonan Legalisasi yang terdiri dari: +**7Pengumuman & FAQ**
-  ​Jenis Dokumen : Pilih Jenis Dokumen (wajib isi) +
-  ​Nomor Dokumen : Masukkan Nomor Dokumen (wajib isi) +
-  * Jumlah Dokumen : Pilih Jumlah Dokumen (wajib isi). **Keterangan** : Jumlah Dokumen Legalisasi merupakan jumlah dari Jenis Dokumen dan Tanda Tangan Pejabat yang sama. +
-  * Tanggal Dokumen : Pilih Tahun, Bulan dan Tanggal Dokumen (wajib isi) +
-  * Nama Pejabat Publik/Umum yang Menandatangani Dokumen : Masukkan Nama Pejabat Publik/Umum yang Menandatangani Dokumen (wajib isi). Pilih Nama Pejabat apabila Nama Pejabat yang dimasukkan tampil dropdown (autocomplete) pada field Nama Pejabat. Jika Nama Pejabat yang dimasukkan tidak ada, maka tetap dapat dimasukkan manual (freetext). +
-  * Jabatan : Pilih Jabatan apabila memilih Nama Pejabat yang tampil dropdown. Jika Nama Pejabat dimasukkan secara manual (freetext) maka Jabatan pun dimasukkan secara manual (freetext).  +
-  * Instansi/​Lembaga/​Kantor Penerbit Dokumen : Masukkan Instansi/​Lembaga/​Kantor Penerbit Dokumen (wajib isi) +
-  * Negara Tujuan : Pilih Negara Tujuan (wajib isi) +
-  * Wilayah Tempat Pencetakan Stiker : Default Pilih Pusat Pelayanan Jasa Hukum Cikini. +
-  * Upload Berkas Permohonan : Pilih file Upload Berkas Permohonan ​ (wajib isi). **Keterangan :**  +
-    - File yang di Upload berbentuk PDF, PNG, dan JPG +
-    - Ukuran file yang di Upload maksimal 5 MB +
-    - Dapat memilih dan mengupload beberapa berkas  +
-    - File yang di scan dan di upload adalah bagian depan dokumen, serta bagian yang terdapat tanda tangan dan cap pejabat yang ingin dilegalisir +
-  * Klik tombol {{::​pilih_file.png?​|}} untuk mengganti file yang sudah diupload sebelumnya +
-  * Klik tombol {{::​plus.png?​|}} untuk menambahkan file upload +
-  * Klik tombol {{::​minus.png?​|}} untuk mengurangi file upload+
  
-G. Klik tombol {{::​legalisasi_kembali.png?​|}} untuk kembali pada halaman form sebelumnya.+1) Melihat Pengumuman
  
-H. Klik tombol ​{{::​simpan_dan_tambah.png?​}} ​untuk menyimpan data dokumen yang telah dimasukkan dan menambahkan data Dokumen terbaru apabila ingin diajukan secara bersamaan. Berikut adalah tampilan jika memilih tombol **Simpan Dan Tambah**.+AMelihat pengumuman terkini bisa dilihat dengan cara klik Menu “**Berita**” kemudian pilih “**Pengumuman**“ ​ seperti yang terlihat pada gambar berikut: 
 +{{ :gambar_38._pengumuman.png?nolink&​800 |}}
  
-{{ :halaman_dokumen_permohonan_simpan_dan_tambah_.png?1000}}+B. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman pengumuman dan bisa melihat pengumuman terkini seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut: 
 +{{ :gambar_39._list_pengumuman.png?nolink&​800 |}}
  
-  * Klik tombol {{::​input.png?​|}} maka akan menampilkan data Dokumen Permohonan tersebut untuk dilakukan edit. +2) Melihat daftar FAQ
-  * Klik tombol {{::​delete.png?​}} maka akan terhapus data Dokumen Permohonan tersebut. +
-  * Apabila tidak ada tambahan data dokumen, klik tombol {{::​simpan_dan_lanjut.png?​|}} maka akan masuk pada **Langkah 3** yaitu **Pratinjau** seperti pada gambar berikut: ​+
  
-{{ :pratinjau_permohonan.png?1000}}+A. Klik “**Berita**” kemudian pilih “**FAQ**” untuk melihat daftar FAQ yang ada id aplikasi Apostille seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut: 
 +{{ :gambar_40._faq.png?nolink&​800 |}}
  
-J. Klik tombol ​{{::lihat.png?​|}} ​untuk melihat hasil berkas tanda tangan spesimen yang di upload, berikut tampilannya.+BKemudian anda akan diarahkan ke halaman FAQ seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut: 
 +{{ :gambar_41._daftar_faq.png?nolink&​800 ​|}}
  
-{{ :halaman_data_berkas.png?1000 |}}+8. Verifikasi Sertifikat 
 +A. Untuk melakukan verifikasi Sertifikat Klik menu “ Apostille-Verifikasi” seperti yang dapat dilihat pada gambar berikut: 
 +{{ :gambar_42._verifikasi_sertifikat.png?nolink&​800 ​|}}
  
-  * Klik tombol {{::lihat.png?|}} maka akan menampilkan berkas tersebut, seperti gambar berikut+Keterangan: 
-  * Klik tombol {{::​legalisasi_kembali.png?|}} pada halaman Data Berkas, maka akan kembali ke halaman Pratinjau Permohonan.+  *1Masukkan **Nomor Sertifikat** anda
 +  *2Masukkan **Tanggal diterbitkan**. 
 +  *3. Klik "​Verifikasi Sertifikat"​ untuk memproses hasilnya.
  
-K. Klik tombol {{::​legalisasi_kembali.png?​|}} pada halaman Pratinjau untuk kembali pada halaman form sebelumnya (Step 2). 
  
-L. Klik tombol {{::​kiri_permo.png?​|}} pada halaman Pratinjau, maka akan masuk ke halaman Daftar Permohonan Legalisasi dengan tampilan pemberitahuan “Sukses! Permohonan berhasil di kirim, mohon tunggu proses verifikasi”,​ berikut tampilannya. ​ 
  
-{{ :​halaman_daftar_permohonan_legalisasi.png?​1000 |}} 
permohonan_legalisasi.txt · Terakhir diubah: 2024/04/19 04:11 (Perubahan eksternal)