Alat Pengguna

Alat Situs


permohonan_legalisasi

Perbedaan

Ini menunjukkan perbedaan antara versi yang terpilih dengan versi yang sedang aktif.

Tautan ke tampilan pembanding ini

Both sides previous revision Revisi sebelumnya
Revisi selanjutnya
Revisi sebelumnya
permohonan_legalisasi [2018/07/24 06:21]
superadmin
permohonan_legalisasi [2024/04/19 04:11] (sekarang)
Baris 1: Baris 1:
 + 
  
- +===== Panduan Pengguna Aplikasi AHU Legalisasi - Apostille Untuk Permohonan Legalisasi ​=====
-====== ​PERMOHONAN LEGALISASI ELEKTRONIK ​====== +
- +
- +
-===== REGISTRASI LEGALISASI ===== +
  
 ==== 1. Registrasi Akun ==== ==== 1. Registrasi Akun ====
  
-Untuk masuk ke Aplikasi Legalisasi, pemohon terlebih dahulu masuk ke halaman Website, yaitu http://legalisasi.ahu.go.id/​. Berikut tampilan halaman awal Aplikasi Legalisasi untuk AHU. Pilih Menu legalisasi untuk memulai seperti pada gambar dibawah ini. +Untuk masuk ke Aplikasi ​AHU Legalisasi ​- Apostille, pemohon terlebih dahulu masuk ke "​**Daftar**" ​halaman Website, yaitu https://apostille.ahu.go.id/ . Berikut tampilan halaman awal Aplikasi ​AHU Legalisasi ​- Apostille ​untuk AHU.
- +
-{{ :​gambar_1.png?​1000 |}} +
- +
-Pada halaman awal Aplikasi Legalisasi Elektronik ini tampil dengan 2 pilihan, yaitu: +
-  * Pemohon +
-  * Internal AHU +
- +
-Untuk melakukan permohonan, pemohon dapat memilih icon menu **Pemohon**,​ maka akan tampil halaman seperti gambar berikut. +
- +
-{{ ::​halaman_awal_aplikasi_alegtron2.png |}} +
- +
-Pada halaman Pemohon terdapat 2 pilihan, antara lain: +
-  * Registrasi +
-  * Login +
- +
-A. Untuk dapat melakukan Permohonan Legalisasi, harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan memilih icon menu **Registrasi**. +
- +
-B. Setelah klik icon menu **Registrasi**,​ lakukan registrasi dengan mengisi //form// seperti gambar berikut. +
- +
-{{ :​registrasi_legalisasi.png?​1000 |}} +
- +
-C. Form Registrasi Legalisasi terdiri dari: +
-  * Nama Lengkap : Masukkan Nama Lengkap (wajib isi). +
-  * Jenis Kelamin : Pilih Jenis Kelamin (wajib isi). +
-  * Email : Masukkan alamat //email// yang aktif untuk menerima pesan aktivasi proses registrasi (wajib isi). +
-  * Nomor Handphone : Masukkan Nomor Handphone (wajib isi). +
-  * Nomor Identitas (KTP/​SIM/​Paspor) : Masukkan Nomor Identitas (KTP/​SIM/​Paspor) (wajib isi). +
-  * //​Username//​ : Masukkan //​username//​ pemohon (wajib isi). +
-  * //​Password//​ : Masukkan //​password//​ pemohon (wajib isi). +
-  * Ulangi //​Password//​ : Masukkan ulangi //​password//​ (wajib isi). +
- +
- +
-D. Setelah mengisi //form// registrasi, klik tombol {{::​daftar_leg.png|}} maka akan menampilkan pop up seperti gambar berikut. +
- +
-{{ :​regis_berhasil.png?​1000 |}} +
- +
-E. Klik tombol {{::​saya_mengerti_leg.png|}} untuk kembali ke halaman utama, kemudian cek email yang telah didaftarkan pada saat pengisian //form// registrasi. +
- +
- +
-==== 2. Aktivasi Akun ==== +
- +
-Setelah mengisi //form// registrasi, pemohon mengecek //email// untuk mengaktifkan akun. Berikut isi dari pesan aktivasi akun pada email yang telah didaftarkan pada saat mengisi //form// registrasi : +
- +
- +
-{{ :​proses_aktivasi_akun.png?​1000 |}} +
- +
- +
-Lakukan aktivasi akun dengan mengklik tombol {{::​aktivasi_akun_leg.png|}} dan tampil halaman Pernyataan bahwa Akun pemohon telah aktif. Kemudian pemohon dapat mengklik tombol Login, seperti gambar berikut. +
- +
-{{ :​pernyataan_akun_telah_berhasil_aktivasi.png?​1000 |}} +
- +
- +
-Klik tombol {{::​login_leg.png|}} maka akan masuk ke halaman Login seperti gambar berikut. +
- +
- +
-{{ :​login_aplikasi_legalisasi.png?​1000 |}} +
- +
- +
-===== LOGIN ===== +
- +
-==== 1. Login Pemohon ==== +
- +
-Pemohon yang sudah melakukan aktivasi akun dapat membuat permohonan dengan //login// terlebih dahulu, pilih menu //login// pada halaman depan Aplikasi Legalisasi seperti gambar berikut ini. +
- +
-{{ :​halaman_pemohon_aplikasi_lelgalisasi.png?​1000 |}} +
- +
- +
-A. Klik icon menu **Login**, maka akan tampil halaman login Aplikasi Legalisasi seperti gambar berikut +
- +
-{{ :​login_aplikasi_legalisasi.png?​1000 |}}+
  
 +A. Klik  untuk melakukan pendaftaran akun AHU Legalisasi - Apostille anda.
 +{{ :​gambar_1._registrasi_akun.jpg?​nolink&​800 |}}
  
-B. Isi Form Login, yang terdiri dari +B. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman Registrasi seperti gambar di bawah ini
-  * //​Username// ​Masukkan //​Username//​ (wajib isi) +{{ :gambar_2._halaman_registrasi.png?​nolink&​800 |}}
-  * //​Password//​ : Masukkan //​Password//​ (wajib isi) +
  
 +Keterangan:
 +  * 1. Masukkan **NIK** sesuai KTP. (Wajib diisi)
 +  * 2. Masukkan **Nama Lengkap**. (Wajib diisi) ​
 +  * 3. Masukkan **//​Email//​** yang valid. (Wajib diisi)
 +  * 4. Masukkan **Konfirmasi //Email//** . (Wajib diisi)
 +  * 5. Masukkan **Nomor Handphone**. (Wajib diisi)
 +  * 6. Klik "​**Daftar Sekarang**"​ jika sudah selesai.
  
-Klik tombol ​{{::login2_leg.png|}} untuk melanjutkan ke halaman permohonan yang akan dijelaskan selanjutnya.+C. Akan muncul notifikasi apabila registrasi sudah berhasil seperti yang terlihat pada gambar berikut ini: 
 +{{ :gambar_3._notifikasi_registrasi_berhasil.jpg?​nolink&​800 ​|}}
  
-==== 2Ubah Password ​====+DKemudian cek **//​Email//​** yang telah anda daftarkan sebelumnya. Anda akan mendapatkan **//Email// Aktivasi akun** yang  
 +berisi **NIK** anda dan **//Password// Sementara** yang dapat digunakan untuk //Login// dan klik "​**Aktivasi Akun**"​ atau gunakan //link// URL untuk melakukan aktivasi akun: 
 +{{ :​gambar_4._aktivasi_akun.jpg?​nolink&​800 |}}
  
-Bagi pemohon yang ingin mengubah Passwordberikut ​akan dijelaskan langkah-langkahnya.+E. Apabila Aktivasi Akun berhasilmaka akan muncul notifikasi seperti gambar berikut ini: 
 +{{ :​gambar_5._notifikasi_aktivasi_akun_berhasil.jpg?​nolink&​800 |}}
  
-A. Klik ​Nama Akun yang berada ​di pojok kanan atas seperti gambar berikut::+F. Klik "​Login"​ di notifikasi untuk kembali ke halaman login dan silahkan //Login// menggunakan **NIK/​Email ​yang didaftarkan** dan **Password** yang anda dapatkan ​di //email// Aktivasi Akun.
  
  
-{{ :​halaman_daftar_permohonan.png?​1000 |}} 
  
 +==== 2. Kirim Ulang Aktivasi Email ====
  
-B. Setelah klik Nama Akun, maka akan tampil tombol ​**Ubah Password**.+AJika anda belum menerima **//Email// Aktivasi ​Akun**Klik //link// “ **di sini** “ pada halaman //Login// seperti gambar di bawah ini: 
 +{{ :​gambar_6._belum_terima_email_aktivasi_akun..jpg?​nolink&​800 |}}
  
-{{ :pilih_ubah_password.png?1000 |}}+B. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman Kirim Ulang //Email// Aktivasi seperti gambar di bawah ini: 
 +{{ :gambar_7._kirim_ulang_email_aktivasi_akun..png?nolink&​800 ​|}}
  
 +Keterangan:
 +  *1. Masukkan **NIK** anda.
 +  *2. Masukkan //​**Email**//​ yang telah anda daftarkan sebelumnya.
 +  *3. Klik  Jika sudah selesai.
  
-C. Klik tombol {{::​tombol_ubah_pass_leg.png|}} maka akan tampil halaman ubah password ​seperti ​gambar berikut.+C. Selanjutnya silahkan cek kembali **//​Email//​** anda seperti ​pada nomor **1** Point **D**.
  
-{{ :​halaman_ubah_kata_sandi_password_.png?1000 |}}+==== 3Login Akun ====
  
 +A. Untuk Melakukan //Login// silahkan isi form seperti gambar di bawah ini:
 +{{ :​gambar_8._login_akun.jpg?​nolink&​800 |}}
 +Keterangan:
 +  *1. Masukkan **NIK///​Email//​** anda.
 +  *2. Masukkan **//​Password//​** yang sudah anda dapatkan dari **//Email// Aktivasi Akun**.
 +  *3. Kemudian Klik "​**Masuk**"​.
  
-C. Isi form Ubah Kata Sandi (Password) ​yang terdiri dari+BJika //Login// berhasil anda akan diarahkan menuju halaman //​Dashboard//​ aplikasi Apostille seperti ​yang terlihat pada gambar berikut
-  * Old Password : Masukkan Old Password (Kata Sandi Lama atau yang sedang dipakai) +{{ :gambar_9._halaman_dashboard.jpg?​nolink&​800 ​|}}
-  * New Password : Masukkan New Password (Kata Sandi Baru yang akan diubah dan dipakai selanjutnya) +
-  * Retype Password : Masukkan Retype Password (Ulangi Kata Sandi Baru yang akan diubah dan dipakai selanjutnya) +
-  * Klik tombol ​{{::​tombol_ubah_pass_leg2.png|}} untuk menyimpan sandi baru.+
  
 +Keterangan:
 +  *1. Pengumuman Feature
 +  *2. Pengumuman Transaksi
 +  *3. Membuat Permohonan
 +  *4. Daftar Permohonan
 +  *5. Panduan Lengkap Permohonan Legalisasi & Apostille
  
-==== 3Logout ​====+==== 4Membuat Permohonan ​====
  
-Pemohon yang sudah selesai melakukan permohonan dapat me-logout akun dengan cara seperti berikut:+**1) Permohonan Legalisasi**
  
-A. Klik Nama Akun yang berada di pojok kanan atas seperti gambar berikut:+A. Untuk membuat permohonan Legalisasi, klik menu “**Buat Permohonan**” pada halaman //​Dashboard// ​seperti ​yang bisa dilihat pada gambar berikut: 
 +{{ :​gambar_10._buat_permohonan.jpg?​nolink&​800 |}}
  
-{{ :halaman_daftar_permohonan_1.png?1000 |}}+B. Akan diarahkan ke halaman buat permohonan, ​ seperti yang terlihat pada gambar berikut: 
 +{{ :gambar_11._halaman_buat_permohonan.jpg?nolink&​800 ​|}}
  
 +Keterangan:
 +  *1. Pilih dokumen yang dilegalisasi.
 +  *2. Masukan negara tujuan legalisasi.
  
-B. Setelah klik Nama Akunmaka akan tampil tombol **Keluar**.+CPilih dokumen yang dilegalisasi dan Negara tujuan legalisasi. Sebagai contoh case inidokumen yang dilegalisasi adalah “Dokumen Pendidikan” dan Negara tujuan legalisasi adalah “Malaysia”. Akan muncul ​ secara otomatis jenis layanan berdasarkan dokumen dan tujuan negara yang dilegalisasi. Selanjutnya pilih jenis layanan “Legalisasi”. 
 +{{ :​gambar_12._contoh_permohonan.jpg?​nolink&​800 |}}
  
-{{ :pilih_keluar.png?1000 |}}+D. Selanjutnya anda akan diminta untuk mengisi form yang bisa dilihat seperti gambar di bawah: 
 +{{ :gambar_13._form_pengisian_data_pemohon_dan_data_dokumen.jpg?​nolink&​800 |}} 
 +{{ :​gambar_14._form_pengisian_data_pejabat.jpg?nolink&​800 ​|}}
  
 +Keterangan:
 +  *● Data Pemohon
 +  *1. Pilih data **diri sendiri /  orang lain**. (Wajib diisi)
 +  *2. Masukkan **Nama lengkap**. (Wajib diisi)
 +  *3. Masukkan **//​Email//​**. (Wajib diisi)
 +  *4. Masukkan **Nomor Hp**. (Wajib diisi)
 +  *5. Masukkan **Jenis kelamin**. (Wajib diisi)
 +  *6. Masukkan **Negara tempat tinggal**. (Wajib diisi)
 +  *7. Masukkan **Alamat**. (Wajib diisi)
 +  *8. Upload **Identitas pemohon**. “ File pdf, jpeg,png Max 5MB” ​  ​(Wajib diisi) ​
 +  *9. Centang ( ✔ ) **untuk Menyimpan** data agar dapat digunakan untuk membuat permohonan selanjutnya. (Wajib diisi)
 +  *10. Masukkan **Nomor identitas**. (Wajib diisi)
 +  *11. Masukkan **Tempat lahir**. (Wajib diisi)
 +  *12. Masukkan **Tanggal lahir**. ​ (Wajib diisi)
 +  *● Data Dokumen
 +  *1. Masukkan **Jenis dokumen**. (Wajib diisi)
 +  *2. Masukkan **Nomor dokumen**. (Wajib diisi)
 +  *3. Masukkan **Nama dokumen**. (Wajib diisi)
 +  *4. Masukkan **Nama yang tertera di dokumen**. (Wajib diisi)
 +  *5. Masukkan **Jumlah Dokumen (Stiker yang akan dicetak)**. (Wajib diisi)
 +  *6. Masukkan **Tanggal Dokumen**. (Wajib diisi)
 +  *7. **//​Upload//​ Dokumen**. “ File pdf, jpeg,png Max 5MB” ​  ​(Wajib diisi)
 +  *● Data Pejabat
 +  *1. Masukkan **Nama pejabat publik (pilih dari dropdown sistem)**. (Wajib diisi)
 +  *2. Masukkan **Jabatan (pilih dari dropdown sistem)**. (Wajib diisi)
 +  *3. Masukkan **Instansi penerbit dokumen**. (Wajib diisi)
 +  *4. Pilih **Lokasi Tempat cetak stiker**. (Wajib diisi)
  
-C. Klik tombol ​{{::​tombol_keluar_leg.png|}} ​maka akan tampil ke halaman awal Aplikasi Legalisasi Elektronik.+EPada gambar 15 dan petunjuk nomor 1, jika anda memilih data Orang lain, maka akan muncul tambahan form seperti gambar berikut: 
 +{{ :gambar_15._tambahan_form..png?​nolink&​800 ​|}}
  
-{{ :halaman_awal_aplikasi_alegtron.png |}}+Keterangan: 
 +  *1//​Download//​ **Template surat kuasa**. 
 +  *2. Masukkan **Nama penerima kuasa**. (Wajib diisi) 
 +  *3. Masukkan **Nomor identitas penerima kuasa**. (Wajib diisi) 
 +  *4. //Upload// **Surat kuasa**. “ File pdf, jpeg,png Max 5MB” ​  ​(Wajib di-upload)  
 +  *5. //Upload// **Identitas penerima kuasa**. “ File pdf, jpeg,png Max 5MB” ​  ​(Wajib di-upload) ​
  
 +F. Setelah mengisi semua form klik "​Tambah Permohonan"​ untuk dimasukkan ke dalam list. Anda juga bisa menambahkan lebih dari satu jenis permohonan pembuatan dokumen yang bisa dilihat pada point D.
 +{{ :​gambar_16._tambah_dokumen.jpg?​nolink&​800 |}}
  
 +G. klik "​Simpan dan Lanjutkan"​ untuk melanjutkan ke tahap yang berikutnya.
  
-===== PERMOHONAN LEGALISASI ===== +H. Step selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman //​preview//​. Pastikan kembali data anda sebelum melakukan submit. 
-==== 1Buat Permohonan ====+{{ :​gambar_17._preview_dokumen_part_1.png?​nolink&​800 |}} 
 +{{ :​gambar_18._preview_dokumen_part_2.png?​nolink&​800 |}}
  
-Setelah pemohon berhasil login, maka akan masuk ke halaman Beranda seperti pada gambar berikut ini.+I. Klik "​Submit Permohonan"​ jika anda sudah yakin.
  
-{{ :beranda.png?10000 |}}+J. Akan muncul popup konfirmasi, kemudian klik "Ya, Submit"​ 
 +{{ :gambar_19._popup_konfirmasi.png?nolink&​800 ​|}}
  
 +K. Selanjutnya permohonan anda akan masuk ke daftar permohonan Apostille dan masuk kedalam tahap verifikasi yang akan diverifikasi oleh pihak verifikator seperti gambar di bawah ini:
 +{{ :​gambar_20._daftar_permohonan.png?​nolink&​800 |}}
  
-Pada halaman Beranda menampilkan Informasi Layanan Legalisasi dan Panduan Permohonan Legalisasi. +**2) Permohonan ​Ditolak**
-  ​Klik tombol {{::​baca_leg.png|}} untuk menampilkan informasi selengkapnya. +
-  ​Klik link {{::​unduh_berkas_leg.png|}} untuk men-download Panduan ​Permohonan ​Legalisasi.+
  
-Untuk pemohon melakukan ​permohonan, ​klik menu **Daftar ​Permohonan** seperti gambar ​berikut.+A. Setelah menunggu proses verifikasi, jika permohonan ​anda ditolak oleh Verifikator, **Status ​Permohonan** anda akan tertulis **“Permohonan ditolak”** seperti ​yang bisa dilihat pada gambar ​dibawah ini: 
 +{{ :​gambar_21._permohonan_ditolak.png?​nolink&​800 |}}
  
-{{ :​daftar_permohonan.png?​1000 |}}+**3) Menunggu Spesimen Terbaru**
  
 +A. Pada saat proses Verifikasi jika data pejabat dalam sertifikat anda tidak ada dalam database aplikasi Apostille **Status Permohonan** anda akan tertulis **“Menunggu Spesimen terbaru”** seperti yang terlihat pada gambar berikut:
 +{{ :​gambar_22._menunggu_spesimen_terbaru.png?​nolink&​800 |}}
  
-Kemudian tampil halaman Daftar Permohonan Legalisasi ​seperti gambar berikut.+B. Untuk melanjutkan proses verifikasinya anda akan diminta untuk meng-//​upload//​ **“Surat Pengantar Spesimen TTD”** yang formatnya bisa anda //​download// ​seperti ​yang dapat dilihat pada gambar berikut
 +{{ :​gambar_23._download_format_surat_pengantar_spesimen_ttd.png?​nolink&​800 |}}
  
-{{ :tabel_permohonan_legalisasi.png?1000 |}}+C. Kemudian untuk meng-//​upload//​ surat pengantar spesimen klik “**//​Update//​**” ​ seperti yang dapat dilihat pada gambar berikut: 
 +{{ :gambar_24._update_spesimen.png?nolink&​800 ​|}}
  
 +D. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman Buat permohonan kemudian scroll ke bagian bawah dan isi form yang dibutuhkan kemudian //Upload // surat pengantar spesimen seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut:
 +{{ :​gambar_25._form_permohonan.png?​nolink&​800 |}}
  
-A. Klik tombol {{::​buat_permohonan_leg.png|}} ​untuk melakukan permohonan.+Keterangan: 
 +  *1Masukkan **NIP** Pejabat. 
 +  *2. Masukkan T**ahun Jabatan**. 
 +  *3. Masukkan **Alamat**. 
 +  *4. Masukkan **Kecamatan**. 
 +  *5. Masukkan **Keterangan**. 
 +  *6. //​**Upload**//​ Surat Pengantar Spesimen. 
 +  *7. Klik "​Simpan dan Lanjutkan" ​untuk melanjutkan proses Verifikasi.
  
-B. Kemudian akan masuk pada **Langkah 1** yaitu form pengisian **Data Pemohon** pada halaman Permohonan Legalisasi seperti gambar berikut.+**4) Permohonan ​ Selesai**
  
-{{ :form_data_pemohon.png?1000 |}}+A. Setelah menunggu proses verifikasi, jika permohonan anda diterima oleh Verifikator, ​ **Status Permohonan** anda akan tertulis “**Selesai**” seperti yang bisa dilihat pada gambar dibawah ini: 
 +{{ :gambar_26._permohonan_selesai.jpg?nolink&​800 ​|}}
  
-C. Isi form Data Pemohon Permohonan Legalisasi yang terdiri dari: +BKemudian anda akan diminta untuk mendownload ​//voucher// dengan cara klik **//“Download Voucher”//** seperti yang dapat dilihat pada gamabr berikut
-  * Nama Lengkap : Masukkan Nama Lengkap (wajib isi). +{{ :gambar_27._download_voucher.png?​nolink&​800 |}}
-  * Jenis Kelamin : Pilih Jenis Kelamin (wajib isi). +
-  * Tempat Lahir : Masukkan tempat lahir (wajib isi) +
-  * Tanggal Lahir : Pilih Tahun, Bulan dan Tanggal Lahir (wajib isi) +
-  * Email : Masukkan alamat ​//email// (wajib isi). +
-  ​Nomor Identitas (KTP/SIM/Paspor) : Masukkan Nomor Identitas (KTP/SIM/Paspor) (wajib isi). +
-  ​NegaraPilih Negara (wajib isi) +
-  * Alamat Tempat Tinggal ​Masukkan alamat tempat tinggal (wajib isi)+
  
-D. Klik tombol ​{{::​legalisasi_kembali.png?|}} ,maka akan kembali ke halaman Daftar Permohonan.+CBerikut adalah contoh //voucher// yang bisa dilihat pada gambar di bawah ini: 
 +{{ :gambar_28._contoh_voucher.jpg?nolink&​800 ​|}}
  
-E. Klik tombol {{::​berikutnya.png?​}} ,maka akan masuk pada **Langkah 2** yaitu form pengisian **Dokumen Permohonan** seperti pada gambar berikut:+DSelanjutnya anda akan diminta untuk membayarnya dengan membawa //voucher// tersebut ke bank sesuai dengan tagihan.
  
-{{ :form_dokumen_permohonan.png?1000 |}}+E. Setelah membayar tagihan tersebut anda bisa melihat status transaksi anda dengan cara klik **“Detail Transaksi”** seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut: 
 +{{ :gambar_29._detail_transaksi.png?nolink&​800 ​|}}
  
-F. Isi form Dokumen Permohonan Permohonan Legalisasi ​yang terdiri dari: +F. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman detail Transaksi seperti ​yang bisa dilihat ​pada gambar berikut
-  * Jenis Dokumen : Pilih Jenis Dokumen (wajib isi) +{{ :gambar_30._halaman_detail_transaksi.png?nolink&​800 ​|}}
-  * Nomor Dokumen : Masukkan Nomor Dokumen (wajib isi) +
-  * Jumlah Dokumen : Pilih Jumlah Dokumen (wajib isi). **Keterangan** : Jumlah Dokumen Legalisasi merupakan jumlah dari Jenis Dokumen dan Tanda Tangan Pejabat yang sama. +
-  * Tanggal Dokumen : Pilih Tahun, Bulan dan Tanggal Dokumen (wajib isi) +
-  * Nama Pejabat Publik/Umum yang Menandatangani Dokumen : Masukkan Nama Pejabat Publik/Umum yang Menandatangani Dokumen (wajib isi). Pilih Nama Pejabat apabila Nama Pejabat yang dimasukkan tampil dropdown (autocomplete) ​pada field Nama Pejabat. Jika Nama Pejabat yang dimasukkan tidak ada, maka tetap dapat dimasukkan manual (freetext). +
-  * Jabatan ​Pilih Jabatan apabila memilih Nama Pejabat yang tampil dropdown. Jika Nama Pejabat dimasukkan secara manual (freetext) maka Jabatan pun dimasukkan secara manual (freetext). ​ +
-  * Instansi/​Lembaga/​Kantor Penerbit Dokumen : Masukkan Instansi/​Lembaga/​Kantor Penerbit Dokumen (wajib isi) +
-  * Negara Tujuan : Pilih Negara Tujuan (wajib isi) +
-  * Wilayah Tempat Pencetakan Stiker : Default Pilih Pusat Pelayanan Jasa Hukum Cikini. +
-  * Upload Berkas Permohonan : Pilih file Upload Berkas Permohonan ​ (wajib isi). **Keterangan :**  +
-    - File yang di Upload berbentuk PDF, PNG, dan JPG +
-    - Ukuran file yang di Upload maksimal 5 MB +
-    - Dapat memilih dan mengupload beberapa berkas  +
-    - File yang di scan dan di upload adalah bagian depan dokumen, serta bagian yang terdapat tanda tangan dan cap pejabat yang ingin dilegalisir +
-  * Klik tombol ​{{::pilih_file.png?|}} untuk mengganti file yang sudah diupload sebelumnya +
-  * Klik tombol {{::​plus.png?​|}} untuk menambahkan file upload +
-  * Klik tombol {{::minus.png?​|}} ​untuk mengurangi file upload+
  
-G. Klik tombol {{::​legalisasi_kembali.png?​|}} untuk kembali pada halaman form sebelumnya.+G. Jika pembayaran berhasil Status pembayaran akan tertulis **“Sudah dibayar”** dan berwarna hijau.
  
-H. Klik tombol {{::​simpan_dan_tambah.png?​}} untuk menyimpan data dokumen ​yang telah dimasukkan dan menambahkan data Dokumen terbaru apabila ingin diajukan secara bersamaan. Berikut adalah tampilan jika memilih tombol **Simpan Dan Tambah**.+H. Jika pembayaran sudah berhasil, silahkan datang ke Tempat Cetak Stiker ​yang dipilih untuk mencetak Stiker Legalisasi.
  
-{{ :halaman_dokumen_permohonan_simpan_dan_tambah_.png?1000}}+I. Berikut adalah contoh Stiker yang bisa dilihat pada  gambar dibawah ini: 
 +{{ :gambar_31._contoh_sertifikat_apostille.png?nolink&​800 |}}
  
-  * Klik tombol {{::​input.png?​|}} maka akan menampilkan data Dokumen Permohonan tersebut untuk dilakukan edit. 
-  * Klik tombol {{::​delete.png?​}} maka akan terhapus data Dokumen Permohonan tersebut. 
-  * Apabila tidak ada tambahan data dokumen, klik tombol {{::​simpan_dan_lanjut.png?​|}} maka akan masuk pada **Langkah 3** yaitu **Pratinjau** seperti pada gambar berikut: ​ 
  
-{{ :​pratinjau_permohonan.png?1000}}+**5Lupa //​Password//​ Akun**
  
-J. Klik tombol ​{{::lihat.png?|}} untuk melihat hasil berkas tanda tangan spesimen yang di upload, berikut tampilannya.+AApabila anda mengalami kendala lupa //​password//​ silahkan klik link “ Lupa Kata Sandi?” seperti gambar di bawah ini: 
 +{{ :gambar_32._lupa_password.jpg?nolink&​800 ​|}}
  
-{{ :halaman_data_berkas.png?1000 |}}+B. Kemudian Anda akan dibawa ke halaman **Reset //​Password//​** seperti gambar berikut: 
 +{{ :gambar_33._halaman_reset_password.png?nolink&​800 ​|}}
  
-  * Klik tombol {{::lihat.png?|}} maka akan menampilkan berkas tersebut, seperti gambar berikut.+Keterangan: 
 +  *1Masukkan **//​Email//​** yang telah terdaftar. 
 +  *2. Kemudian Klik "​Kirim"​
  
-{{ :tampilan_file_yang_di_upload.png?1000 |}}+C. Jika reset //​password//​ berhasil akan muncul notifikasi seperti gambar berikut: 
 +{{ :gambar_34._notifikasi_reset_password_berhasil.png?nolink&​800 ​|}}
  
-  ​Klik tombol ​{{::​legalisasi_kembali.png?​|}} ​pada halaman Data Berkas, maka akan kembali ke halaman Pratinjau Permohonan.+D. Cek //**Email**// anda untuk mendapatkan **//​Password//​** yang baru seperti gambar dibawah ini: 
 +{{ :gambar_35._email_reset_password.png?nolink&​800 ​|}}
  
-K. Klik tombol {{::​legalisasi_kembali.png?​|}} pada halaman Pratinjau untuk kembali pada halaman form sebelumnya (Step 2).+**6Simulasi Permohonan**
  
-L. Klik ​tombol ​{{::kiri_permo.png?|}} pada halaman Pratinjau, maka akan masuk ke halaman Daftar Permohonan Legalisasi dengan tampilan pemberitahuan “Sukses! Permohonan berhasil di kirim, mohon tunggu proses verifikasi”,​ berikut tampilannya. ​+A. Klik "​Pelajari Lebih Lanjut"​ untuk mengecek ketersediaan layanan permohonan berdasarkan jenis dokumen dan negara tujuan legalisasi. 
 +{{ :gambar_36._simulasi_permohonan.jpg?nolink&​800 ​|}}
  
-{{ :halaman_daftar_permohonan_legalisasi.png?1000 |}}+B. Kemudian anda akan diarahkan menuju halaman **Simulasi permohonan** seperti gambar berikut: 
 +{{ :gambar_37._halaman_simulasi_permohonan.png?nolink&​800 ​|}}
  
-M. Klik tombol {{::lihat_1.png?|}} untuk melihat detail data permohonan spesimen ​yang sudah diinput pemohon, seperti gambar berikut :+Keterangan: 
 +  *1Pilih dokumen ​yang dilegalisasi. 
 +  *2. Masukan Negara tujuan legalisasi. 
 +  *3. Klik "Cek Ketersediaan Layanan"​ untuk mendapatkan hasilnya.
  
-{{ :​detail_permohonan_legalisasi.png?1000 |}}+**7Pengumuman & FAQ**
  
-  * Klik tombol ​ {{::​lihat.png?​|}} untuk melihat hasil berkas permohonan yang di upload, berikut tampilannya.+1) Melihat Pengumuman
  
-{{ :halaman_data_berkas_1.png?1000 |}}+A. Melihat pengumuman terkini bisa dilihat dengan cara klik Menu “**Berita**” kemudian pilih “**Pengumuman**“ ​ seperti yang terlihat pada gambar berikut: 
 +{{ :gambar_38._pengumuman.png?nolink&​800 ​|}}
  
-  * Klik tombol ​{{::lihat.png?​|}} ​maka akan menampilkan berkas tersebut, seperti gambar berikut.+B. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman pengumuman dan bisa melihat pengumuman terkini seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut: 
 +{{ :gambar_39._list_pengumuman.png?nolink&​800 ​|}}
  
-{{ :​tampilan_file_yang_di_upload.png?​1000 |}}+2) Melihat daftar FAQ
  
 +A. Klik “**Berita**” kemudian pilih “**FAQ**” untuk melihat daftar FAQ yang ada id aplikasi Apostille seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut:
 +{{ :​gambar_40._faq.png?​nolink&​800 |}}
  
-  * Klik tombol ​{{::​legalisasi_kembali.png?​|}} ​pada halaman Data Berkas, maka akan kembali ke halaman Detail Permohonan.+B. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman FAQ seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut: 
 +{{ :gambar_41._daftar_faq.png?nolink&​800 ​|}}
  
 +8. Verifikasi Sertifikat
 +A. Untuk melakukan verifikasi Sertifikat Klik menu “ Apostille-Verifikasi” seperti yang dapat dilihat pada gambar berikut:
 +{{ :​gambar_42._verifikasi_sertifikat.png?​nolink&​800 |}}
  
-Jika sudah melakukan permohonan, pemohon dapat logout akun (yang sudah dijelaskan diatas) dan diharap menunggu hasil verifikasi yang pemberitahuannya akan disampaikan melalui email atau pesan dalam akun yang dimiliki+Keterangan:​ 
 +  *1. Masukkan **Nomor Sertifikat** anda. 
 +  *2. Masukkan **Tanggal diterbitkan**. 
 +  *3. Klik "​Verifikasi Sertifikat"​ untuk memproses hasilnya.
  
  
-==== 2. Permohonan Lanjutan==== 
  
permohonan_legalisasi.1532413311.txt.gz · Terakhir diubah: 2018/07/24 06:21 oleh superadmin