Alat Pengguna

Alat Situs


kenotariatan

Kenotariatan

1. Masuk ke halaman Website Ditjen AHU

  • Klik Login Notaris tampilan seperti dibawah ini :

  1. Masukkan Username (Akun SABH)
  2. Masukkan Password yang anda miliki.
  3. Klik tombol

1. Daftar Permohonan

Masuk ke halaman Daftar Permohonan melalui menu di atas

  • Tampilan Daftar Permohonan

  1. Tampilan Cetak Tagihah
  2. Lihat Permohonan dan Unduh Permohonan

Dalam Daftar transaksi terdapat fitur yang terdiri dari :

  • No Transaksi : Berfungsi untuk mencari nomor transaksi yang sudah masuk
  • Jenis Transaksi : Berfungsi untuk menampilkan transksi sesuai type jenis transaksi (dropdown)

  • Status : Berfungsi untuk menampilkan status transaksi (dropdown)

  • Nama Lengkap : Berfungsi untuk menampilkan nama lengkap si notaris
  • Tanggal Daftar : Berfungsi untuk menampilkan tanggal daftar notaris mengisi transaksi tersebut
  • Action : Berfungsi untuk melihat (preview) action dari tiap transaksi

2. Permohonan Pindah Wilayah

Masuk ke halaman Permohonan Perpindahan Wilayah melalui menu di atas

a. Masuk ke halaman form Perpindahan Wilayah Langkah 1

Pada menu perpindahan wilayah berfungsi untuk transaksi notaris jika notaris tersebut ingin pindah penempatan wilayah, dalam perpindahan wilayah terdiri dari fitur seperti :

  1. Masukan Nama Kecil
  2. Masukan Dahulu Bernama atau Alias
  3. Masukan Tempat Lahir
  4. Masukan Tanggal Lahir
  5. Masukan No Akta Lahir / No Tanda Kenal Lahir
  6. Ordered List ItemMasukan Tanggal Terbit Akta Lahir / Tanggal Tanda Kenal Lahir
  7. Masukan Jenis Kelamin (dropdown)
  8. Masukan Agama (dropdown)
  9. Masukan Status Perkawinan (dropdown)
  10. Masukan Alamat Tempat Tinggal
  11. Masukan Provinsi (dropdown)
  12. Masukan Kabupaten / kotamadya (dropdown)
  13. Masukan Kecamatan (dropdown)
  14. Masukan Kelurahan / Desa
  15. Masukan RT
  16. Masukan RW
  17. Masukan Kode pos
  18. Masukan Email
  19. Masukan Nomor Hp
  20. Masukan Nomor Telp
  21. Masukan Nomor Induk Kependudukan
  22. Masukan No SK Pelatikan
  23. Masukan Tanggal SK Pelantikan
  24. Masukan No SK Pengangkatan
  25. Masukan Tanggal SK Pengangkatan
  • Setelah itu, klik tombol untuk mulai menyimpan data notaris dan akan masuk ke halaman perpindahan wilayah langkah 2

b. Masuk ke halaman form Perpindahan Wilayah Langkah 2

Pada menu perpindahan wilayah berfungsi untuk transaksi notaris jika notaris tersebut ingin pindah penempatan wilayah, dalam perpindahan wilayah terdiri dari fitur seperti :

  1. Masukan Wilayah Jabatan (dropdown)
  2. Masukan Tempat Kedudukan Tujuan (dropdown)
  3. Masukan No Surat Notaris
  4. Masukan No Surat Majelis Pengawas Daerah Notaris Kota/Kabupaten (Kedudukan Wilayah saat ini) tentang penerima Protokol
  5. Masukan Tanggal Surat Majelis Pengawas Daerah Notaris Kota/Kabupaten (Kedudukan Wilayah saat ini) tentang penerima Protokol
  6. Masukan No Surat Pengurus Daerah Ikatan Notaris Indonesia Kota/Kabupaten (tempat menjabat)
  7. Masukan Tanggal Surat Pengurus Daerah Ikatan Notaris Indonesia Kota/Kabupaten (tempat menjabat)
  8. Ordered List ItemMasukan No Surat Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia Provinsi (tempat menjabat)
  9. Ordered List ItemMasukan Tanggal Surat Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia Provinsi (tempat menjabat)
  10. Masukan No Surat Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia
  11. Masukan Tanggal Surat Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia
  12. Masukan No Surat Majelis Pengawas Daerah Notaris Kota/Kabupaten (tempat menjabat)
  13. Masukan Tanggal Surat Majelis Pengawas Daerah Notaris Kota/Kabupaten (tempat menjabat)
  14. Masukan No Surat Majelis Pengawas Wilayah Notaris Provinsi (tempat menjabat)
  15. Masukan Tanggal Surat Majelis Pengawas Wilayah Notaris Provinsi (tempat menjabat)
  16. Masukan No Surat Majelis Pengawas Pusat Notaris
  17. Masukan Tanggal Surat Majelis Pengawas Pusat Notaris
  • Klik tombol maka akan muncul tampilan pada step 1 yang sebelumnya diinput.
  • Setelah itu, klik tombol untuk mulai menyimpan data notaris dan akan masuk ke halaman perpindahan wilayah step 3
  • Untuk Persyaratan di ceklist yang ke 3 kali, akan keluar allert Perhatian!! seperti ini

c. Masuk ke halaman form Perpindahan Wilayah Langkah 3

Setelah masuk langkah 3 maka akan muncul fitur seperti :

  1. Masukan Nama Lengkap (autocomplete)
  2. Masukan Tanggal Serah Terima
  • Klik tombol maka akan muncul tampilan pada langkah 2 yang sebelumnya diinput.
  • Setelah itu, klik tombol untuk mulai menyimpan data notaris dan akan masuk ke halaman perpindahan wilayah langkah 4
  • Jika ingin menambah protokol maka klik tombol untuk menambah protokol.

d. Masuk ke halaman form Perpindahan Wilayah Langkah 4

  1. Ceklist jika sudah setuju dengan surat pindah wilayah.
  2. Klik tombol maka akan muncul tampilan langkah 3.
  3. Klik tombol "Pindah Wilayah" permohonan tersimpan.
  • Jika check box tidak di ceklist maka akan tampil notif seperti ini :

e. Masuk ke halaman terakhir permohonanan perpindahan wilayah notaris

  • Tampilan Bukti Perpindahan

  • Tampilan Permohonan Perpindahan

3. Permohonan Perpanjangan Masa Jabatan

Masuk ke halaman Permohonan Perpanjangan Masa Jabatan melalui menu di atas

a. Masuk ke halaman Form Permohonan Perpanjangan Masa Jabatan Notaris

  1. Tampil Nama Lengkap (enable)
  2. Tampil Nomor SK Pengangkatan dan Tanggal SK (enable)
  3. Tampil Berkedudukan di (enable)
  4. Tampil Tanggal Pensiun (enable)
  5. Masukan Nomor Surat
  6. Masukan No Surat Pengurus Daerah Ikatan Notaris Indonesia Kota/Kabupaten (tempat menjabat)
  7. Masukan Tanggal Surat Pengurus Daerah Ikatan Notaris Indonesia Kota/Kabupaten (tempat menjabat)
  8. Masukan No Surat Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia Provinsi (tempat menjabat)
  9. Masukan Tanggal Surat Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia Provinsi (tempat menjabat)
  10. Masukan No Surat Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia
  11. Masukan Tanggal Surat Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia
  12. Masukan No Surat Majelis Pengawas Daerah Notaris Kota/Kabupaten (tempat menjabat)
  13. Masukan Tanggal Surat Majelis Pengawas Daerah Notaris Kota/Kabupaten (tempat menjabat)
  14. Masukan No Surat Majelis Pengawas Wilayah Notaris Provinsi (tempat menjabat)
  15. Masukan Tanggal Surat Majelis Pengawas Wilayah Notaris Provinsi (tempat menjabat)
  16. Masukan No Surat Majelis Pengawas Pusat Notaris
  17. Masukan Tanggal Surat Majelis Pengawas Pusat Notaris
  18. Ceklist semua persyaratan
  19. Setelah itu, klik tombol untuk mulai menyimpan data notaris dan akan masuk ke halaman perubahan masa jabatan selanjutnya.
  • Untuk Persyaratan di ceklist yang ke 3 kali, akan keluar allert Perhatian!! seperti ini

Klik OK

b. Masuk ke halaman tampilan Surat Permohonan Perubahan Perpanjangan Masa Jabatan Notaris

  1. Ceklist jika setuju dengan surat perpanjangan masa jabatan notaris tersebut.
  2. Klik tombol maka akan muncul form perubahan perpanjangan masa jabatan notaris.
  3. klik tombol akan keluar allert seperti dibawah ini :

Klik OK

c. Masuk ke halaman tampilan sukses Perubahan Nama Notaris

  • Tampilan Surat Perpanjangan Masa Jabatan Notaris.

  • Tampilan Bukti Perpanjangan Masa Jabatan Notaris.

4. Permohonan Perubahan Nama

Masuk ke halaman Permohonan Perubahan Nama melalui menu di atas

a. Masuk ke halaman Form Permohonan Perubahan Nama Notaris

  1. Tampil Nama Lengkap Notaris
  2. Masukkan Nama baru yang diajukan.
  3. Masukkan Nomor Surat Notaris
  4. Ceklist semua persyaratan
  5. Setelah itu, klik tombol untuk mulai menyimpan data notaris dan akan masuk ke halaman perubahan nama notaris selanjutnya.
  • Akan keluar allerts seperti dibawah ini :

klik OK

b. Masuk ke halaman tampilan Surat Permohonan Perubahan Nama

  1. Ceklist jika setuju dengan surat ganti nama notaris tersebut.
  2. Klik tombol maka akan muncul form perubahan nama.
  3. klik tombol akan keluar allert seperti dibawah ini :

Klik OK

c. Masuk ke halaman tampilan sukses Perubahan Nama Notaris

  • Tampilan Bukti Perubahan Nama Notaris.

  • Tampilan Permohonan Perubahan Nama Notaris.

5. Permohonan Penambahan Gelar Haji

Masuk ke halaman Permohonan Penambahan Gelar Haji melalui menu di atas

a. Masuk ke halaman Form Permohonan Perubahan Gelar Haji Notaris

  1. Tampil Nama Lengkap Notaris
  2. Masukkan Nama baru yang diajukan.
  3. Masukkan Nomor Surat Notaris
  4. Ceklist semua persyaratan
  5. Setelah itu, klik tombol untuk mulai menyimpan data notaris dan akan masuk ke halaman perubahan gelar haji notaris selanjutnya.
  • Akan keluar allerts seperti dibawah ini :

Klik OK

b. Masuk ke halaman tampilan Surat Permohonan Perubahan Gelar Haji

  1. Ceklist jika setuju dengan surat penambahan gelar haji tersebut.
  2. Klik tombol maka akan muncul form perubahan perubahan gelar haji.
  3. klik tombol akan keluar allert seperti dibawah ini :

Klik OK

c. Masuk ke halaman tampilan sukses Perubahan Gelar Haji Notaris

  • Tampilan Bukti Perubahan Gelar Haji Notaris.

  • Tampilan Permohonan Perubahan Gelar Haji Notaris.

6. Permohonan Perubahan Gelar Akademik

Masuk ke halaman Permohonan Perubahan Gelar Akademik melalui menu di atas

a. Masuk ke halaman Form Permohonan Perubahan Gelar Akademik Notaris

  1. Tampil Nama Lengkap Notaris
  2. Masukkan Nama beserta gelar baru yang diajukan.
  3. Masukkan Nomor Surat Notaris
  4. Ceklist semua persyaratan
  5. Setelah itu, klik tombol untuk mulai menyimpan data notaris dan akan masuk ke halaman perubahan nama notaris selanjutnya.
  • Akan keluar allerts seperti dibawah ini :

Klik OK

b. Masuk ke halaman tampilan Surat Permohonan Perubahan Gelar Akademik Notaris

  1. Ceklist jika setuju dengan surat Perubahan Gelar Akademik tersebut.
  2. Klik tombol maka akan muncul Form Perubahan Gelar Akademik.
  3. klik tombol akan keluar allert seperti dibawah ini :

Klik OK

c. Masuk ke halaman tampilan sukses Perubahan Gelar Akademik Notaris Notaris

  • Tampilan Bukti Perubahan Gelar Akademik Notaris.

  • Tampilan Permohonan Perubahan Gelar Akademik Notaris.

7. Permohonan Singkat Nama

Masuk ke halaman Permohonan Singkat Nama melalui menu di atas

a. Masuk ke halaman Form Permohonan Perubahan Singkat Nama Notaris

  1. Tampil Nama Lengkap Notaris
  2. Masukkan Nama baru yang diajukan.
  3. Masukkan Nomor Surat Notaris
  4. Ceklist semua persyaratan
  5. Setelah itu, klik tombol untuk mulai menyimpan data notaris dan akan masuk ke halaman perubahan singkat nama notaris selanjutnya.
  • Akan keluar allerts seperti dibawah ini :

klik OK

b. Masuk ke halaman tampilan Surat Permohonan Perubahan Singkat Nama Notaris

  1. Ceklist jika setuju dengan surat perubahan singkat nama notaris tersebut.
  2. Klik tombol maka akan muncul form perubahan singkat nama.
  3. klik tombol akan keluar allert seperti dibawah ini :

Klik OK

c. Masuk ke halaman tampilan sukses Perubahan Singkat Nama Notaris

  • Tampilan Bukti Perubahan Singkat Nama Notaris.

  • Tampilan Permohonan Perubahan Singkat Nama Notaris.

8. Permohonan Perubahan Alamat

Masuk ke halaman Permohonan Perubahan Alamat melalui menu di atas

a. Masuk ke halaman Form Permohonan Perubahan Alamat Kantor Notaris

  1. Masukkan Nomor Surat Notaris
  2. Masukkan Nomor Telp Kantor
  3. Masukkan Alamat Kantor
  4. Pilih Provinsi
  5. Pilih Kebupaten
  6. Pilih Kecamatan
  7. Pilih Kelurahan / Desa
  8. Masukkan RT
  9. Masukkan RW
  10. Masukkan Kode Pos
  11. Setelah itu, klik tombol untuk mulai menyimpan alamat kantor notaris dan akan masuk ke halaman perubahan alamat kantor notaris selanjutnya.
  • Akan keluar allerts seperti dibawah ini :

klik OK

b. Masuk ke halaman tampilan Surat Permohonan Perubahan Alamat Kantor Notaris

  1. Ceklist jika setuju dengan surat perubahan Alamat Kantor notaris tersebut.
  2. Klik tombol maka akan muncul form Perubahan Alamat Kantor
  3. klik tombol akan keluar allert seperti dibawah ini :

Klik OK

c. Masuk ke halaman tampilan sukses Perubahan Alamat Kantor Notaris

  • Tampilan Bukti Perubahan Singkat Nama Notaris.

  • Tampilan Permohonan Perubahan Singkat Nama Notaris.

d. Masuk ke halaman tampilan sukses Perubahan Alamat Kantor Notaris

Semua dokumen yang perlu dikirim harus dilakukan sebelum anda melakukan permohonan secara online. Verifikator tidak akan memverifikasi jika dokumen persyaratan belum lengkap. Anda harus mengirim dokumen - dokumen seperti :

  1. Surat Keterangan Domisili
  2. Bukti Pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
  3. Beserta dokumen yang anda cetak :
  • Surat Permohonan yang telah di tanda tangani yang di dapatkan pada langkah 2
  1. Kemudian dikirim ke : Subdirektorat Notariat, Direktorat Perdata, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan Ham RI, Gedung Sentra Mulia, Jl. HR. Rasuna Said Kav x-6/8 Lantai 3 dan 6. Kuningan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12940. Selambat-lambatnya 14 Hari setelah Anda memasukan Permohonan ini.

9. Permohonan Pengunduran Diri

Masuk ke halaman Permohonan Pengunduran Diri melalui menu di atas

a. Masuk ke halaman Form Permohonan Pengunduran Diri

  1. Tampil Nama Lengkap (enable)
  2. Tampil Berkedudukan di (enable)
  3. Tampil Tanggal Pensiun (enable)
  4. Masukan Nomor Surat
  5. Masukan No Rekomendasi MPD
  6. Masukan Tanggal Rekomendasi MPD
  7. Masukan Notaris Penerima (autocomplete)
  8. Masukan Tanggal Serah Terima
  • Setelah itu, klik untuk mulai menyimpan data notaris dan akan masuk ke halaman pengunduran diri.
  • Jika ingin menambah notaris penerima maka klik untuk menambah notaris pada pengunduran diri.

b. Masuk ke halaman tampilan Surat Permohonan Pengunduran Diri Notaris

  1. Ceklist jika setuju dengan surat permohonan pengunduran diri sebagai notaris.
  2. Ceklist semua persyaratan.
  3. Klik tombol maka akan muncul form pengunduran diri.
  4. klik tombol akan keluar allert seperti dibawah ini :

Klik OK

c. Masuk ke halaman tampilan sukses Permohonan Pengunduran Diri Notaris

  • Tampilan Surat Permohonan Pengunduran Diri Notaris.

10. Permohonan Pensiun

Masuk ke halaman Permohonan Pensiun melalui menu di atas

a. Masuk ke halaman Form Permohonan Pensiun

  1. Tampil Nama Lengkap (enable)
  2. Tampil Berkedudukan di (enable)
  3. Tampil Tanggal Pensiun (enable)
  4. Masukan Nomor Surat
  5. Masukan No Rekomendasi MPD
  6. Masukan Tanggal Rekomendasi MPD
  7. Masukan Notaris Penerima (autocomplete)
  8. Masukan Tanggal Serah Terima
  • Setelah itu, klik untuk mulai menyimpan data notaris dan akan masuk ke halaman pensiun.
  • Jika ingin menambah notaris penerima maka klik untuk menambah notaris pada pensiun.

b. Masuk ke halaman tampilan Surat Permohonan Pensiun Notaris

  1. Ceklist jika setuju dengan surat permohonan pensiun sebagai notaris.
  2. Ceklist semua persyaratan
  3. Klik tombol maka akan muncul form perubahan singkat nama.
  4. klik tombol akan keluar allert seperti dibawah ini :

klik OK

c. Masuk ke halaman tampilan sukses Permohonan Pensiun Notaris

  • Tampilan Surat Permohonan Pensiun Notaris.

11. Protokol

Masuk ke halaman Permohonan Protokol melalui menu di atas

Masuk ke halaman Form Permohonan Pensiun

  • Pada form Protokol terdapat beberapa fitur aksi dan tipe yaitu :
  • Aksi

  • Tipe

kenotariatan.txt · Terakhir diubah: 2017/02/27 02:54 oleh superadmin