Alat Pengguna

Alat Situs


aplikasi_permohonan_perubahan_nama

Perubahan Nama

Permohonan Perubahan Nama Notaris digunakan untuk notaris yang ingin melakukan perubahan nama berikut langkah - langkah melakukan perubahan nama notaris

  1. Masuk ke halaman Website AHU ke alamat http://ahu.go.id/
  2. Klik Menu login notaris
  3. Akan masuk ke halaman login notaris

Selanjutnya pada halaman login notaris masukan user akun notaris yaitu :

  1. Masukan user id atau username
  2. Masukan password
  3. Klik tombol Masuk

Kemudian jika sudah berhasil login maka akan masuk ke halaman

Langkah 1

Kemudian pilih perubahan data yang diinginkan notaris

Langkah 2

Untuk Permohonan Perubahan data Notaris diantaranya :

  1. Permohonan Penambahan Gelar Akademik
  2. Permohonan Perubahan Nama
  3. Permohonan Penambahan Gelar Haji
  4. Permohonan Singkat Nama
  5. Permohonan Perubahan Alamat
  6. Permohonan Penambahan Gelar Non Akademik

Notaris bisa memilih perubahan data yang diinginkan. Jika Notaris ingin menginginkan merubah data Notaris bisa di cheklist semua perubahan data.

a.Klik tombol kembali maka akan kembali ke halaman sebelumnya.

b.Setelah itu, klik untuk mulai menyimpan permohonan dan akan masuk ke halaman selanjutnya

Langkah 3

Dalam Perubahan Nama Notaris terdapat fitur atau kolom yang diantaranya :

  1. Nama Lengkap : Tampil nama lengkap notaris
  2. Nomor Surat : Masukan nomor surat
  3. Nama Baru yang diajukan tanpa gelar : Masukan Nama Baru yang diinginkan tanpa gelar
  4. No Akta lahir / No Penetapan Pengadilan Negeri : Masukan no akta lahir atau nomor penetapan pengadilan negeri
  5. Tanggal Akta Lahir / Tanggal Penetapan Pengadilan Negeri : Masukan tanggal akta lahir atau tanggal penetapan pengadilan negeri
  6. Cheklist Pesyaratan : Cheklist persyaratan untuk perubahan nama notaris

Jika klik 3 kolom checklist persyaratan maka akan muncul pesan seperti berikut:

a.Klik tombol kembali maka akan kembali ke halaman sebelumnya.

b.Setelah itu, klik untuk mulai menyimpan permohonan dan akan masuk ke halaman selanjutnya.

Langkah 4

Muncul halaman surat permohonan perubahan nama dan cheklist untuk menyetujui pernyataannya. Jika tidak checklist maka akan keluar notifikasi seperti :

a.Klik tombol kembali maka akan kembali ke halaman sebelumnya.

b.Setelah itu, klik untuk mulai menyimpan permohonan dan akan masuk ke halaman selanjutnya.

Langkah 5

Tampil Review Permohonan Perubahan Nama dan checklist untuk menyetujui pernyataaannya. Jika tidak checklist maka akan keluar notifikasi seperti :

a.Klik tombol kembali maka akan kembali ke halaman sebelumnya.

b.Setelah itu, klik untuk mulai menyimpan permohonan dan selesai permohonan perubahan nama notaris. Sebelum submit akan keluar notifikasi seperti :

Setelah melakukan permohonan maka permohonan akan masuk pada riwayat permohonan seperti berikut:

  1. Bukti Pemesanan untuk mencetak bukti pemesanan voucher
  2. Cetak Permohonan untuk mencetak perohonan
  3. Upload Bukti Pengiriman untuk melakukan upload bukti pengiriman dokumen terkait permohonan
  4. Lihat Bukti Pengiriman untuk melihat bukti pengiriman dokumen yang telah diupload
  5. Kirim Ulang Notifikasi untuk mengirim kembali notifikasi pada aplikasi YAP!

Permohonan Selesai

Setelah permohonan selesai notaris melakukan :

a. Proses Pembayaran yang dilakukan dengan Aplikasi YAP

Keterangan :

a. Status Pembayaran Berarti Transaksi telah melakukan Pembayaran di YAP

b. Status Pembayaran Berarti Transaksi belum di lakukan Pembayaran di YAP

c. Aksi Kirim Notifikasi untuk melakukan pengiriman notifikasi pada YAP jika belum menerima notifikasi pembayaran

Setelah melakukan Transaksi maka Pengguna akan mendapatkan Notifikasi di Aplikasi YAP

Klik lalu akan muncul Pemesanan Pemesanan yang harus di bayarkan, Klik salah satu pemesanan yang akan di bayarkan dan akan menampilkan

Klik untuk membayarkan Transaksi pemesanan Voucher maka akan muncul Option Untuk melakukan Pembayaran

Pilih Sumber Dana lalu klik maka akan menampilkan Input PIN

Inputkan PIN Debit lalu klik selanjutnya pembayaran telah selesai dan menampilkan Halaman bahwa Pembayaran telah selesai.

b. Pengiriman dokuman pendukung persyaratan perubahan nama notaris yang diantaranya :

  1. Fotokopi Akta Kelahiran Yang Telah Di Legalisir
  2. Fotokopi Surat Keputusan Pengangkatan Atau Perpindahan Notaris Yang Telah Dilegalisasi
  3. Fotokopi Salinan Penetapan Pengadilan Negeri Yang Di Legalisir Kecuali Nama Tambahannya Tertera Dalam Akta Kelahirannya
  4. Fotocopi Berita Acara Sumpah / Janji Jabatan Notaris Yang Telah Dilegalisasi
  5. Surat Permohonan Tertulis Kepada Menteri Cq. Direktur Jendral Administrasi Hukum Umum

Kemudian dikirim ke : Subdirektorat Notariat, Direktorat Perdata, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan Ham RI, Gedung Sentra Mulia, Jl. HR. Rasuna Said Kav x-6/8 Lantai 3 dan 6. Kuningan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12940

c. Kemudian setelah mengirimkan dokumen notaris Upload Bukti Pengiriman atau Tanda Terima Dokumen Pendukung dan Upload Bukti Pengiriman atau Tanda Terima Dokumen (Jasa Pengiriman Dokumen / Tanda Terima dari Loket Layanan Terpadu) Harus Dilakukan Dalam Waktu 7 Hari Dari Pengisian Permohonan.

Apabila Anda sudah membayarkan tagihan, Mengirimkan Dokumen Pendukung Persyaratan dan Upload Bukti Pengiriman atau Tanda Terima Dokumen Pendukung dan Upload Bukti Pengiriman atau Tanda Terima Dokumen (Jasa Pengiriman Dokumen / Tanda Terima dari Loket Layanan Terpadu), kami akan melakukan validasi semua persyaratan yang ada. Validasi tidak dapat dilakukan apabila Anda belum melakukan proses tersebut. Semua dokumen yang perlu di legalisir harus dilakukan sebelum anda mendaftar secara online. Verifikator tidak akan menerima dokumen legilisir yang dilakukan setelah anda mendaftar online.

aplikasi_permohonan_perubahan_nama.txt · Terakhir diubah: 2024/04/19 04:24 (Perubahan eksternal)